Waspada, Merokok Dapat Merusak Kesehatan Lambung

Jakarta – Merokok tak cuma bisa merusak kesehatan organ paru, tapi ternyata mampu merusak lambung. Mengapa?

Menurut Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, mengisap rokok itu tak cuma masuk ke dalam paru – paru, tapi juga masuk ke dalam lambung. Ketika menghisap, lambung melakukan tarikan sehingga asap dapat masuk ke dalam lambung.

“Ini juga mulai mengakibatkan gangguan pada lambung,” ujar Ari Fahrial Syam, Jakarta, Jumat, (31/08/2018).

Senada dengan Ari, dr. Agastya Wisnu SpPD KGEH, ketua PGI (Perhimpunan Gastroenterologi Indonesia) Cabang Jakarta menjelaskan, seandainya dilihat seseorang gemar merokok, timbul komplikasi penyakit GERD, mulai mengalami derajat yg lebih lanjut.

GERD adalah salah satu penyakit lambung yg disebabkan oleh gaya hidup yg tak sehat.

“Pada umumnya, seandainya diperhatikan, setiap orang yg telah merokok sebelum makan, mereka makan tak terlalu banyak. Berbeda dengan orang yg habis bekerja dan segera makan, mereka makannya lebih banyak,” ujar Agastya.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, penyakit yg berhubungan dengan gastrointestinal menduduki 10 besar penyakit terbanyak penderitanya di Indonesia. Mereka umumnya tiba ke dokter dengan keluhan pada saluran pencernaan.

Jurnal Digestive Endoscopy pada tahun 2009 menampilkan studi yg dikerjakan Prof. Dr. dr. Dadang Makmun, Sp.PD-KGEH. Hasil studinya memamerkan bahwa diare, gastroenteritis, dispepsia dan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) menempati penyakit terbanyak yg menyebabkan pasien berobat rawat jalan. Penyakit tersebut sebenarnya bisa dikendalikan dengan gaya hidup sehat.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin