Ini 10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Membuat Pancake (1)

Bikin pancake kelihatan mudah. Padahal seirng kali pancake bantat, sebagian gosong dan teksturnya keras. Bisa jadi karena kesalahan sepele yg Anda lakukan.

Pancake menggunakan bahan tepung terigu, gula, mentega dan telur. Bahannya sederhana tapi mampu jadi karena salah pilih tepung dan mentega, pancake jadi bantat. Berikut ini beberapa kesalahan sepele yg tidak jarang dikerjakan ketika membuat pancake.

Baca Juga : Ini Caranya Agara Pancake Lebih Lembut Mengembang

Ini 10 Kesalahan yg Sering Dilakukan Saat Membuat Pancake (1)Foto: iStock

1. Pakai mentega dan tepung terigu yg telah lama
Selalu pakai tepung terigu dan mentega yg baru. Mentega yg telah terlalu lama mulai beraroma tengik. Untuk soda kue gunakan yg masih aktif, di bawah 6 bulan masa simpannya. Untuk bahan basah gunakan buttermilk.

Bahan ini mulai bereaksi dengan soda membentuk tektur yg halus mengembang. Jika tidak ada, aduk susu fullcream dengan air jeruk lemon dan diamkan sebentar hingga menggumpal. Ini dapat dipakai sebagai pengganti buttermilk.

2. Terlalu lama mengaduk adonan
Aduk adonan hingga campuran bahan yg tercampur rata. Diamkan adonan sejenak hingga semua bahan menyatu. Jika Anda mengaduk adonan terlalu lama, maka gluten dalam tepung mengembang dan membuat pancake bantat dan kenyal.

Ini 10 Kesalahan yg Sering Dilakukan Saat Membuat Pancake (1)Foto: iStock

3. Membuat adonan terlebih dahulu
Jangan membuat adonan terlebih dahulu! Anda tak bisa membuat adonan sehari sebelumnya ataupun sejam sebelumnya. Sebaiknya adonan dibuat segar, beberapa ketika sebelum pancake dimasak.

Karena adonan pancake tak bisa didiamkan lebih dari satu jam. Bahan-bahan mulai bekerja kurang efektif seandainya terlalu lama didiamkan sehingga pancake jadi kenyal atau keras teksturnya.

4. Wajan terlalu tipis
Sebaiknya gunakan wajan antilengket atau wajan besi atau wajan berdasar tebal. Jika wajan terlalu tipis adonan mulai gampang sekali hangus.

Ini 10 Kesalahan yg Sering Dilakukan Saat Membuat Pancake (1)Foto: Getty Images

5. Memakai minyak sayur
Sebaiknya gunakan mentega dan jangan minyak sayur. Mentega sangat gampang meleleh, apalagi ketika wajan dipanaskan dia atas api sedang. Bahan di dalam mentega gampang menjadi hangus. Lebih baik lagi seandainya menggunakan clarified butter atau mentega yg telah dijernihkan. Mentega memberi aroma wangi pada pancake. Sedangkan minyak sayur tidak.

Baca juga: Bikin Ngiler! 12 Pancake yg Paling Fluffy Lembut dan Enak di Tokyo

(odi/odi)

Sumber: http://food.detik.com

Post Author: admin