Ini Lho Rahasia Bikin Bakpo Isi Telur Asin Yang Gurih Meleleh

Di bagian akhir cooking class, dim sum chef memberrikan trik membuat bakpao isi saus telur asin yg empuk dan meleleh isinya.

Masih ingat dengan fenomena saus telur asin? Saus yg sedang populer ini juga cocok dipadu dalam bakpao. Agar tidak amis dan rasanya enak, chef dim sum dari JIA Chinese Restaurant Sangri-La Hotel Jakarta beberkan cara pembuatannya.

Ini Lho Rahasia Bikin Bakpo Isi Telur Asin yg Gurih MelelehFoto: detikcom

Untuk membuat saus isiannya, dipakai telur asin matang atau yg telah direbus. “Pisahkan kuning telur asin dan gunakan bagian kuningnya saja. Lalu cincang halus,’ jelas Chef Low Kien Fatt, Chef Dim Sum dari JIA Restaurant.

Mentega tawar, susu bubuk, custard powder dan kuning telur asin dicampur jadi satu. “Aduk dengan cara diremas dengan tangan hingga rata. Masukkan gula pasirnya terakhir agar menghasilkan tekstur berpasir saat dimakan,” jelas chef.

Ini Lho Rahasia Bikin Bakpo Isi Telur Asin yg Gurih MelelehFoto: detikcom

Mentega inilah yg disebut-sebut bisa membuat sausnya meleleh saat digigit. Untuk adonan bakpao, agar mengembang bagus ditambahkan dengan baking powder dan yeast (ragi) agar mengembangnya bagus.

“Adonan kulit tak perlu memakai mentega, cuma tepung terigu, baking powder, yeast, air biasa dan sedikit pewarna jingga,” tambahnya. Agar lebih cepat, Chef Fatt juga menyarankan proses pembuatan adonan bakpao dapat memakai mixer.

Ini Lho Rahasia Bikin Bakpo Isi Telur Asin yg Gurih MelelehFoto: detikcom

“Setelah diadoni kemudian isi dengan campuran isian telur asin dan bentuk bulat. Tapi seandainya ingin gampang membentuknya sebaiknya adonan bakpao mampu disimpan dalam chiller terlebih lalu kemudian diisi,” tambahnya memberikan tips. Sebelum dikukus bakpoa didiamkan sekitar 30 menit.

“Sausnya tak amis karena custard powder ini membuat sausnya justru lebih wangi,” pungkasnya. Bakpao dikukus selama 7 menit dengan api besar dan sajikan hangat-hangat agar sausnya lumer meleleh

(odi/lus)

Sumber: http://food.detik.com

Post Author: admin