Nyam! Selain Bisa Melayang Cantik, Balon Ini Juga Bisa Dimakan

Banyak hybrid kue diciptakan juga aneka es krim. Tetapi kali ini kreasi dessert cantik berupa balon manis yg dapat melayang dan dimakan.

Biasanya balon terbuat dari karet diisi gas dan dibiarkan melayang sebagai hiasan pesta. Kali ini seorang chef pastry di Sydney menciptakan satu yg unik dan belum pernah ada, lapor news.com.au (9/9).

Chef Grant Achatz, dari restoran berbintang 3 Michelin tahun 2016 dan juga peserta MasterChef episode Mei telah sejak lamamembuat kreasi unik. Grant Achatz sudah mendapatkan banyak penghargaan bergengsi, di antaranya Rising Star Chef of the Year Award dan juga Best Chef in United States. Achatz juga menjadi salah sesuatu pemimpin Molecular Gastronomy yg menyelidiki perubahan kimia dan fisika makanan ketika dimasak.

Nyam! Selain Bisa Melayang Cantik, Balon Ini Juga Bisa DimakanFoto: news.com.au

Balon ini terbuat dari sirop jagung, air, gula pasir dan gelatin. Adonan ini kemudian digelembungkan dengan gas helium seperti balon. Balon ini dapat diberi citarasa raspberry atau buah lainnya. Jenis confectionery ini sebenarnya telah cukup lama dikenal dengan teknik ‘sugar plumbing’. Kini diperbaharui dengan gas helium sehingga mampu melayang persis balon.

Untuk memakannya ada beberapa cara. Pertama, tempelkan balon di mulut kemudian dipecahkan dengan mulut sambil menghirup heliumnya. Cara kedua, dengan memecahkannya memakai jarum. Jika memakai cara pertama, jangan kaget seandainya suara mulai berubah kecil lucu seperti anak-anak ataupun tokoh kartun akibat pengaruh helium.

Pemilik Black Star Pastry, Christopher Thesaid membuat dengan versinya sendiri. Sayangnya cuma dijual dalam waktu terbatas.

Baca Juga : Balon Buatan Chef Grant Achatz Bisa Dimakan

(odi/odi)

Sumber: http://food.detik.com

Post Author: admin