Arti Di Balik Lagu Konco Mesra, Dilema Kids Jaman Now Dari Temen Jadi Demen

– Sempat ada istilah Teman Tapi Mesra (TTM), kini ada lagi lagu hits Konco Mesra yg dipopulerkan oleh Nella Kharismaini mempunyai arti sama namun berasal dari Bahasa jawa. Konco dalam bahasa jawa berarti teman, dulu seandainya dengan teman saja dapat mesra apamasih mampu disebut teman? Atau teman tetapi maksa? #ups

Ibarat mau jadi lebih dari sekedar teman nanti nggak enakan, iya kalo mampu cocok, kalau nggak? Tapi mau jadi temen kok ya mesranya ngalahin orang pacaran, kemana-mana nempel kayak perangko. Lagu yg mulai dikupas kali ini, cocok dengan fenomena kasat mata itu.

‘Yen tidak sawang sorote mripatmu. Jane ku ngerti ono ati sliramu. Nanging anane mung sewates konco. Podo ra wanine ngungkapke tresno’

Lirik di atas mampu diartikan begini, ‘Ketika saya melihat tatapanmu, Sebenarnya saya tahu ada rasa denganmu, tetapi kami sebatas teman. Sama-sama nggak berani mengungkapkan rasa cinta’

#Hazeg, liriknya dari awal memang menggambarkan pertemanan yg dibumbui rasa cinta di dalamnya. Tapi, takut mengungkapkan karena efek samping yg ditimbulkan. Takut ditolak, takut kalau nanti nggak cocok dan telah jadi mantan apa dapat berteman lagi?

Kalau di awal saja telah bikin baper, bagaimana di bait selanjutnya? ‘Yen ku pandang gemerlap nyang mripatmu. Terpampang gambar waru ning atimu. Nganti kapan abot iku ora mok dukung. Mung dadi konco mesra mergo kependem cinta’

Lirik tersebut milik arti, ‘ketika saya pandang kedua matamu, terpampang gambar hati di hatimu. Sampai kapan beban berat ini tidak kau pedulikan. Hanya menjadi teman yg mesra karena memendam rasa cinta’

Tuh kan, telah percaya banget sampai lihat ada gambar hati di hati si dia tetapi hanya dapat jadi teman yg mesra karena rasa cinta yg masih terpendam. Ampun deh, mau sampai kapan ya begini terus?

Nella Kharisma mempopulerkan lagu Konco Mesra Nella Kharisma mempopulerkan lagu Konco Mesra instagram.com/nellakharisma

Lebih menyedihkan lagi di lirik berikutnya nih, ‘Sungguh sayang saya tidak dapat segera mengungkapkan. Perasaan yg kusimpan buatku tidak tenang. Ini seluruh karena hubungan pertemanan. Kau telah biasa anggapku sebagai kawan’ Benar-benar bikin mewek ya nggak sih?

Kurang lebihnya begini deh ya, telah beberapa waktu berteman, eh di tengah jalan tiba-tiba ada rasa yg tertinggal. Ya kan cinta tiba tidak diundang, pulang menimbulkan keresahan, duh.

‘Adem panas awakku gara-gara kamu. Nyibakke atiku, gati menyang aku. Sampek kegowo turu, ngimpi ngusap pipimu. Tansah nyoto keroso konco dadi tresno’

Kalau perasaan harus dipendam, panas dingin deh jadinya perasaan ini. Membuka hati bagi miliki rasa sayang pada si dia. Apalagi sampai-sampai harus terbawa dalam tidur dan mimpi mengusap pipinya, ugh. Benar-benar perasaan yg kian nyata dari teman, eh jadi cinta.

Lagu yg diciptakan oleh R. Husein Albana ini memang mulai agak sulit bagi dimengerti untuk yg tak mampu berbahasa jawa. Namun, dari bahasa daerah inilah betapa dalam makna lagu ini lebih terasa. Apalagi kalau lanjut ke lirik berikutnya.

‘Nggereges awak ku naliko mepet sliramu. Mung tidak sawang esemmu sumebyar nong atiku. Bingung rasane atiku kepiye nyikapi. Biyene konco suwi sak iki tidak tresnani.’

Rasanya nggak enak badan kala coba mendekati si dia. Meski hanya melihat senyumnya rasanya bikin senang di hati. Makin bingung lagi ketika tahu bahwa lalu hanya teman tetapi sekarang malah berubah jadi cinta. Nyesek!

‘Yen tidak sawang sorote mripatmu. Jane ku ngerti ono ati sliramu. Nanging anane mung sewates konco. Podo ra wanine ngungkapke tresno’

Lirik di atas masih sama dengan penjelasan sebelumnya, perlu dijelaskan lagi? Beneran nggak baper nih ya? Jadi liriknya masih tentang adanya perasaan yg mampu dilihat dari sorot mata si dia tetapi sama-sama nggak dapat diungkapkan karena status pertemanan kalian.

Nggak cukup sampai di situ lirik ini bikin suasana hati kamu campur aduk. Kalau membedah bait selanjutnya, ‘Yen ku pandang gemerlap nyang mripatmu, terpampang gambar waru ning atimu. Nganti kapan abot iku ora mok dukung. Mung dadi konco mesra mergo kependem cinta’

Artinya begini lho, ada benih cinta di hatinya kalau dilihat dari tatapan mata. Sampai kapan harus merasakan beratnya perih tanpa ada dukungan dari si dia. Bisanya hanya jadi teman tetapi mesra cuma karena memendam cinta.

Kalau lirik yg ini nggak perlu dijelaskan lagi kan ya, makin baper lho nanti. ‘Sungguh sayang saya tidak dapat segera mengungkapkan. Perasaan yg ku simpan untuk ku tidak tenang. Ini seluruh karena hubungan pertemanan. Kau telah biasa anggap ku sebagai kawan’

Yakin deh, sampai di sini aja pasti banyak di antara kamu yg mengalami hal serupa seperti yg dijabarkan dalam lirik. Bagi kamu yg pernah mengalami, pasti benar-benar tahu bagaimana perasaan kamu tersimpan rapi dalam hati tanpa dapat mengungkapkan cuma karena status teman, perih!

Bait-bait berikutnya adalah bait yg diulang. Kamu dapat pahami lagi arti dari bait tersebut dalam bahasa Indonesia yg telah dijabarkan sebelumnya. Atau mungkin nggak perlu dipahami kamu telah paham karena mengalaminya? #ups

Kalau telah tahu artinya begini, makin senang lagunya apa makin baper nih? Tapi yg pasti, untuk kamu yg mengalami hal yg sama, berharap ada hubungan yg jelas sama teman tetapi mesra kamu ya. Pastinya juga butuh keberanian kamu bagi mengaku kalau kamu ada perasaan lebih dari sekedar teman.

Lagu Lain Yang Sudah Dikupas

Lagunya Nge-Hits Tapi Asing di Telinga, Apa Sebenarnya Arti di Balik Kimcil Kepolen?

Jaran Goyang, Lagu Hits Kekinian yg Miliki Arti Ilmu Pelet?

Payung Teduh ‘Akad’: Menilik Arti Cinta Dalam Durasi 4 Menit

Menyoal Popularitas Lagu-Lagu Cinta Hingga Fase Baru Glenn Fredly

‘Cinta dan Rahasia’, Dilema – Paradoks Yang Tak Terungkap

(kpl/mit)

Sumber: http://musik.kapanlagi.com

Post Author: admin