Begini Pendapat Armand Maulana Mengenai Teknologi Di Industri Musik Indonesia

– Bukan hanya tren, ketika ini perkembangan teknologi yg semakin maju pun ikut memberikan pengaruh besar terhadap industri musik dunia, tak terkecuali Indonesia. Meski menawarkan kepraktisan dan kemudahan, tak sedikit pelaku musik yg melihat kehadiran teknologi dari sisi buruknya.

Seperti misalnya isu rilisan fisik yg akan ditinggalkan dan selama beberapa tahun belakangan ini menjadi sorotan banyak orang. Hanya saja Armand Maulana yg juga salah satu pelaku industri musik di Indonesia melihat kehadiran teknologi yg ada ketika ini dari sudut pandang berbeda.

“(Kalau kehadiran teknologi) Gue sih lihatnya gak pernah negatif ya, segala positif. Harus terima gitu, karena ya gimana, telah begini teknologi. Dulu kan TV konvensional, masuk TV kabel, selalu era YouTube. Ya sekarang harus masuk juga, ada vlog, ada ini, ini. Bikin vlog, live music, behind the scene. Lucu juga sih sekarang kalau angkatan lama bilang, ‘sekarang sih enggak ada fisik duit dari mana?’ Ada duitnya dari digital, YouTube. Ya lu masuk lah ke dunia itu,” ujarnya, ketika ditemui dibilangan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (29/11/2017).

Armand Maulana melihat kehadiran teknologi di industri musik tetap membawa pengaruh positif Armand Maulana melihat kehadiran teknologi di industri musik tetap membawa pengaruh positif /

Lebih jauh, frontman band Gigi ini merasa aneh saat melihat rilisan fisik yg akan ditinggalkan sebagai permasalahan penting bagi para musisi tetap eksis. Pasalnya suami Dewi Gita itu melihat seandainya era digital yg semakin canggih pun yaitu bagian dari perkembangan industri musik.

“Gue balikin, gue bilang, ‘lu suka aneh deh gue bilang’, ‘Aneh apaan Man?, ;Sekarang CD udah gak ada, kaset gak ada. Lo pertama kali musik di apa? Di vinyl, Terus? Di kaset? Terus di VCD,’ Itu perpindahan teknologi dong, kok lu nggak protes dari kaset ke CD? Kenapa lu nggak protes (dari) dulu? Kan itu sama. Sekarang bedanya nggak ada fisik tetapi digital, ya lu terima aja. Ikut, belajarlah, jadi positif saja,” pungkasnya.

Tidak gampang memang bagi tetap bertahan di era dengan penetrasi digital yg semakin menginvasi industri musik secara besar-besaran. Tapi, bukankah seorang musisi juga dituntut buat selalu belajar dan berinovasi? 🙂

Eh, Sudah Baca Yang Ini Belum?

Armand Maulana Berharap Bisa Rilis Album Solo Untuk Resolusi di Tahun 2018

Armand Maulana Angkat Bicara Mengenai Gigi Yang Belum Merilis Album Baru

Armand Maulana Akui Banyak YouTuber Yang Ikut Ajang Indonesian Idol 2017!

Jadi Juri Indonesian Idol 2017, Armand Maulana: Sekarang Berat Banget

Peserta Makin Bagus, Armand Maulana Pusing Jadi Juri Indonesian Idol 2017

(kpl/far/ntn)

Sumber: http://musik.kapanlagi.com

Post Author: admin