Boomerang Tidak Akan Reuni Dengan Personel Lama, Apa Penyebabnya?

– Grup musik rock, Boomerang salah satu band paling digemari anak-anak muda di tahun 90-an. Lewat lagu Kisah, grup yg kala itu digawangi Oleh Roy Jeconiah, John Paul Ivan, Farid Martin, dan Hubert Henry Limahelu itu segera dikenal banyak orang. Album perdananya yg bertajuk BOOMERANG sangat laris di pasaran.

Masuk tahun 2000-an, band yang berasal Surabaya itu selalu menelurkan sejumlah album. Setelah merilis album perdana, Boomerang hampir setiap tahun melahirkan album, seperti K.O, DISHARMONI, HITS MAKER, SEGITIGA, HARD ‘N HEAVY, BEST BALLADS, XTRAVAGANZA, THE GREATEST HITS OF BOOMERANG, TERAPI VISI, URBANOUSTIC dan SUARA JALANAN.

Sayangnya, di tengah perjalanannya, Boomerang kehilangan sang gitaris. Pada tahun 2005, John Paul Ivan yg memilih hengkang dari Boomerang. Lalu di tahun 2010, vokalis Boomerang, Roy Jeconiah memilih keluar dari band yg membersarkan namanya itu.

Seperti John Paul Ivan, Roy Jeconiah juga putuskan mundur dari Boomerang © Seperti John Paul Ivan, Roy Jeconiah juga putuskan mundur dari Boomerang ©

Selepas dari Boomerang, sempat membentuk grup band bersama mantan gitaris Boomerang, John Paul Ivan bernama RI1 (Roy dan JPI bersatu). Setelah itu, Roy memilih berkarir solo, namanya berubah menjadi Jecovox.

“Aku udah jalan sendiri, saya milik band namanya Jecovox dari Roy Jeconiah, tetapi Jeco-nya saya potong. Jadi solo album tetapi nggak pake nama Roy Jeconiah. Sama Ivan (JPI) beberapa kali jalan, tahun 2012 kami bikin band namanya RI1, Roy Ivan Bersatu,” kata Roy Jeconiah di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/3018).

Banyak yg menyayangkan Roy dan John Paul Ivan hengkang dari Boomerang. Padahal, tak sedikit lagu-lagu Boomerang yg hits sampai sekarang, seperti Kisah, Kasih, Pelangi, Tragedi, O Ya, Kehadiranmu, Gadis Extravaganza, Generasiku, Bungaku dan masih banyak yg lainnya.

Boomerang dengan formasi baru © /Bayu HerdiantoBoomerang dengan formasi baru © /Bayu Herdianto

Pada tahun 2015 lalu, Boomerang sempat berkunjung ke kantor redaksi di Tebet, Jakarta Selatan. Datang dengan formasi baru, Farid (Drum) Hendry (Bass), Andi Babas (Vokal), dan Tommy (Gitar) Boomerang tampil sangat berbeda, kini lebih segar. Dengan formasi ini juga Boomerang juga sempat menelurkan album bernama Harmonis Tidak Seragam.

Saat itu, Boomerang hadir cuma tiga personel, yakni Farid (Drum) Hendry (Bass), dan Andi Babas (Vokal). Mereka bertiga banyak bercerita tentang Boomerang, akan dari perjalanan karir, hingga formasi baru. Farid, drummer Boomerang juga sempat menceritakan sedikit soal hengkangnya Roy dan JPI. Apalagi penyebab Roy dan JPI keluar dari Boomerang masih menjadi tanda tanya besar.

“Kalau dibilang prinsip sih, nggak. Hidup kan makin nambah kebutuhan, kami dapat memahami itu. Buat kami main band itu berkarya, untuk kalian itu nggak jadi soal sebetulnya. Cuma memang kan kebetulan Boomerang telah lama dan top, kebetulan dibahas,” kata Farid, Jumat (16/10/2015).

Eksistensi Boomerang tetap terjaga dengan formasi baru © /Bayu HerdiantoEksistensi Boomerang tetap terjaga dengan formasi baru © /Bayu Herdianto

Suara vokal Roy yg berkarakter, telah begitu melekat di telinga masyrakat luas. Bisa dibilang, kekuatan Boomerang akan runtuh setelah ditinggal dua personelnya tersebut. Meski ditinggal dua orang frontman, Boomerang tetap eksis di industri musik Indonesia.

“Proses orang main band, selalu keluar masuk itu hal yg biasa. Hal paling utama band itu keinginan berkarya. Hal-hal di luar itu cuma gimmick aja sih, maksudnya masalah perbedaan itu pasti ada,” ujar Henry.

Banyak komentar positif dan negatif yg didapat Boomerang ketika menenalkan vokalis Andi Babas. Tidak sedikit masyarakat luas yg membandingkan suara Andi Babas dan Roy. Namun, ada juga yg men-support Andi Babas sebagai vokalis Boomerang.

Roy Jeconiah tetap dukung langkah Boomerang di industri musik modern © Roy Jeconiah tetap dukung langkah Boomerang di industri musik modern ©

“Formasi Boomerang sekarang merupakan Henry, Farid, Babas dan Tommy. Babas gabung sama kalian di tahun 2013 itu segera di panggung besar, jadi kami nggak pakai audisi. Kita hanya lihat dari materi-materi dia (Babas) dari solo project dia. Bagus-bagus dan kita pilih karena musiknya dapat nyambung,” kata Henry.

Meskipun Boomerang telah mempunyai formasi baru, Roy mengaku mulai selalu memberikan dukungan bagi band yang berasal Surabaya tersebut. Bahkan, Roy juga berharap agar Boomerang mampu bangkit lagi seperti awal-awal berkarir di belantika musik Indonesia.

“Kalau aku sendiri sangat men-support Boomerang, sangat men-support. Aku sampai sekarang berharap Boomerang dapat bangkit lagi dengan formasi baru. Soalnya saya ikut membersarkan Boomerang dari awalnya. Kalau band itu berenti sayang juga,” ujar Roy.

Pertemuan demi pertemuan, Boomerang tetap tidak temukan titik terang buat reuni © Pertemuan demi pertemuan, Boomerang tetap tidak temukan titik terang bagi reuni ©

Setelah ditinggal oleh Roy dan JPI, Boomerang memang belum pernah berkumpul kembali di atas panggung. Padahal, tak sedikit orang yg ingin menyaksikan Boomerang berkumpul lagi dalam format reuni. Reuni antar personel, memang telah dibicarakan sebelumnya.

Roy mengatakan, telah beberapa kali melakukan meeting buat membicarakan reuni. Namun, karena tak ada titik terang, akhirnya reuni antar personel Boomerang cuma angin dulu saja. Sayang, Roy tak menjelaskan secara lengkap alasan Boomerang tak reuni dengan personel lainnya.

“Itu udah dicoba selama tiga kali, ya udah lah kalo memang mau sendiri-sendiri, sendiri aja. Tapi aku juga nggak berani ngomong apa, bukan nggak mau, tetapi sampai sekarang belum dicoba lagi karena waktu itu, (tahun) 2012 tak berhasil sampe akhirnya jadi RI 1, 2014 dan 2015 tak berhasil. Padahal kalian udah duduk satu meja,” ujar Roy.

Meskipun telah tak bergabung dengan Boomerang, Roy mengaku tetap berhubungan baik dengan personel lainnya. “Ya masih kontak, saya waktu ke Surabaya, saya ketemu Hendry, kami ngobrol. Kalau Farid, sama tinggal dekat sama aku, di Pamulang,” tutup Roy.

Baca Ini Juga!

Menurut Rizky Febian dan Mikha Tambayong ‘Berpisah Itu Mudah’, Apa Iya?

#KartiniDalamLelaki: Semangat, Harapan dan Perjuangan Pria di Ranah Perempuan

Republik Cinta Management: Apa Kabar Dengan Para Artis di Dalamnya?

Terinspirasi dan Kagum, Fans Garis Keras Ini Tato Nama Young Lex di Punggungnya

Taman Bermain Itu Bernama 88Rising!

(kpl/far/ntn)

Sumber: http://musik.kapanlagi.com

Post Author: admin