Kerap Tersandung Kasus Kontroversi, Karya Ahmad Dhani Masih Dinanti

– Sosok Dhani Ahmad Prasetyo atau lebih dikenal dengan Ahmad Dhani saat ini identik dengan beberapa masalah yg menjegalnya sampai ke jalur hukum. Selain dituding melakukan ujaran kebencian, kehidupan pribadi pria berusia 45 tahun ini juga menjadi konsumsi publik dan menuai pro kontra. Namun, meskipun ketika ini jejak karirnya di blantika musik Indonesia kurang diperhitungkan, tak mampu dipungkiri, Ahmad Dhani adalah salah satu sosok musisi jenius, seorang legenda musik di tahun 90an.

Dari kegigihan dan tangan dinginnya, Dhani berhasil mewujudkan sebuah band yg fenomenal dan laris sepanjang masa. Tak cuma itu, ia juga berperan besar dibalik terciptanya lirik dan instrumen indah yg dilantunkan oleh Dewa 19 beberapa tahun silam. Ya, tak salah lagi, lagu-lagu fenomenal seperti Pupus atau Risalah Hati merupakan buah karya dari sosok Ahmad Dhani Prasetyo.

Dibalik sosoknya yg kontroversial, Ahmad Dhani adalah seorang musisi yg jenius. © /Muhammad Akrom SukaryaDibalik sosoknya yg kontroversial, Ahmad Dhani adalah seorang musisi yg jenius. © /Muhammad Akrom Sukarya

Telah dulu lalang di blantika musik Indonesia selama hampir 26 tahun, ia juga mencetak beragam karya yg berhasil mengorbitkan banyak penyanyi dan grup musik. Dhani juga yaitu pelopor dan pimpinan dari Republik Cinta Management. Namun sayang, belakangan karir dan kiprahnya di dunia musik harus tertutup lantaran beberapa masalah dan kontroversi yg mengelilinginya.

Lantas, di tengah pemberitaan negatif yg tengah menyorot dirinya ketika ini, kapan Dhani kembali membuat karya fenomenal yg dapat memanjakan telinga pendengarnya? Sebelumnya, mari kembali merekam jejak fenomenal sang jenius musik, Ahmad Dhani.

Arti Musik Bagi Ahmad Dhani

Ahmad Dhani dibesarkan di keluarga yg mendukung karirnya dalam bermusik. © /Muhammad Akrom SukaryaAhmad Dhani dibesarkan di keluarga yg mendukung karirnya dalam bermusik. © /Muhammad Akrom Sukarya

Ahmad Dhani lahir di Surabaya 45 tahun silam, tepatnya di tanggal 26 Mei 1972. Darah musisi memang tak mengalir di keluarganya, tetapi nyatanya sang kakak tiri, Dadang S. Manaf adalah musisi Indonesia ketika itu yg berpengaruh besar pada minat musik Ahmad Dhani. Beruntung Dhani dibesarkan di keluarga yg sangat suportif, sang ayah pun tidak keberatan membelikannya keyboard serta mendaftarkan Dhani kursus musik.

Bakat musiknya akan menonjol ketika ia duduk di bangku SMP. Bersama ketiga temannya ia mendirikan grup musik Dewa di tahun 1986. Sempat berganti aliran ke musik jazz, Dewa yg kala itu berganti nama menjadi Downbeat sempat menjuarai berbagai festival musik di Jawa Timur. Setelah menggandeng Ari Lasso, Dhani pun kembali mengibarkan bendera Dewa 19.

Puncak Karir di Era 90’an

Musisi Ari Lasso sempat mengisi vokal di grup band Dewa 19. © /Muhammad Akrom SukaryaMusisi Ari Lasso sempat mengisi vokal di grup band Dewa 19. © /Muhammad Akrom Sukarya

Dengan tekad kuat, Dhani hijrah ke Jakarta membawa serta Dewa 19 dan mencari perusahaan rekaman yg mau melabeli mereka. Sempat ditolak oleh sejumlah label, akhirnya Dewa 19 dilirik oleh Jan Djuhana dari Team Records. Tak sia-sia, album perdana Dewa 19, 1992 sukses besar dengan melejitnya sejumlah hits seperti Kangen dan Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi.

Bahkan, selain menjual album tersebut sebanyak 300 ribu keping, Dewa 19 juga mendapat penghargaan di ajang BASF Award bagi kategori Pendatang Baru Terbaik dan Album Terlaris. Hingga akhirnya pada tahun 1999, Dewa 19 menetapkan bagi vakum dan mengeluarkan album THE BEST OF.

Musisi Jenius, Produser Handal

Selain musisi jenius, Ahmad Dhani juga berkiprah sebagai produser yg handal. © /Bambang E RosSelain musisi jenius, Ahmad Dhani juga berkiprah sebagai produser yg handal. © /Bambang E Ros

Setelah hengkangnya Ari Lasso di grup musik Dewa 19, Dhani pun tidak habis akal dengan menggandeng Once. Di awal abad ke 20, albumnya yg bertajuk BINTANG LIMA laris manis terjual 1,7 juta keping. Beberapa lagu ciptaannya seperti Roman Picisan, Dua Sejoli serta Risalah Hati menjadi hits wajib yg didendangkan kala itu.

Selain merambah sebagai pencipta lagu, Ahmad Dhani juga berkiprah sebagai seorang produser. Nama-nama musisi besar seperti Reza Artamevia, Krisdayanti, Denada hingga Ratu pernah merasakan ditempa oleh tangan dingin Dhani dan menikmati puncak popularitasnya. Namun siapa sangka, keberadaan grup musik Ratu setelah Mulan Jameela masuk justru menjadi awal kejatuhan Ahmad Dhani?

Tersandung Berbagai Kasus Kontroversial

Di tahun 2017, Ahmad Dhani justru sibuk berkecimpung di dunia politik. © /Agus ApriyantoDi tahun 2017, Ahmad Dhani justru sibuk berkecimpung di dunia politik. © /Agus Apriyanto

Hubungan rumah tangga antara Ahmad Dhani dan Maia yang dibina selama 13 tahun harus kandas pada tanggal 16 November 2007. Selang beberapa tahun, Dhani pun akhirnya membeberkan fakta bahwa ia sudah menikah secara siri dengan Mulan Jameela pada tanggal 15 Maret 2009. Hubungan pribadinya yg terkspos publik menjadi bulan-bulanan ketika itu.

Lebih lanjut, Dhani juga sempat menuai pro kontra kala masuk ke ranah politik. Gagal di Pilkada Kabupaten Bekasi 2017, hingga melontarkan cuitan yg mengandung ujaran kebencian pada tanggal 6 Maret 2017 adalah beberapa masalah yg menyandung Dhani di ranah politik.

Penjualan Album Merosot Drastis?

Ahmad Dhani tidak cuma fokus pada satu grup musik selepas vakumnya Dewa 19. © /Muhammad Akrom SukaryaAhmad Dhani tidak cuma fokus pada satu grup musik selepas vakumnya Dewa 19. © /Muhammad Akrom Sukarya

Sejak Dewa 19 mengeluarkan album terakhirnya di tahun 2007, Ahmad Dhani justru lebih fokus ke grup musik T.R.I.A.D, The Rock dan Mahadewa. The Rock yg kala itu menelurkan album MASTER MISTER AHMAD DHANI I melejit lewat lagu Munajat Cinta dan Kamu-kamulah Surgaku. Selebihnya, grup musik besutan Ahmad Dhani ini cuma mengaransemen lagu-lagu hits Dewa 19 pada masanya.

Penjualan album ini berkisar di angka 150 ribu kopi di tahun 2007. Tentu cukup berbeda drastis dengan penjualan album Dewa 19 di era 90-2000 an. Namun EMI Indonesia memberikan penghargaan platinum bagi The Rock karena sudah mencapai angka penjualan album di atas 150 ribu keping. Terakhir di tahun 2013, Ahmad Dhani menggandeng finalis Indonesian Idol, Virzha untuk masuk ke grup musik Mahadewa. Namun sayang, sejak menelurkan album PAST TO PRESENT, grup musik ini justru menghilang tanpa kabar.

Meski telah lama tidak menelurkan karya, namun ide kreatif dari Ahmad Dhani masih dinanti ketika ini. © /Muhammad Akrom SukaryaMeski telah lama tidak menelurkan karya, namun ide kreatif dari Ahmad Dhani masih dinanti ketika ini. © /Muhammad Akrom Sukarya

Meski Ahmad Dhani ketika ini dikenal sebagai sosok yg kontroversial, namun publik seharusnya tak lupa bahwa ia adalah musisi jenius dibalik lagu-lagu legendaris di tahun 90’an. Melodi yg indah hingga lirik puitisnya seolah tak lekang oleh waktu.

Entah kapan Ahmad Dhani kembali menelurkan karya fenomenalnya di blantika musik Tanah Air? Atau mungkin kembali berkiprah sebagai produser handal yg terkenal dengan tangan dinginnya serta menghasilkan musisi-musisi sukses seperti dulu? Tanpa berbicara persoalan personal, Ahmad Dhani masih menjadi salah satu musisi Indonesia yg karyanya tetap dinanti hingga ketika ini.

Jangan Lewatkan!

Disorot Karena Sensasi, Ini Talenta Nyata & Sisi Lain Miley Cyrus

Bukan Sekedar Sensasi, ‘Mutha Futha’ Denada Adalah Curahan Hati

Kehidupan Sunny Leone, Paling Dicari di Google India 2017 Tapi Bukan Karena Karya

Joshua Dapat Ancaman Serius Karena Jokes Yang Disebut Menghina Islam

Lima Komika Yang Mulai Bersinar di Tahun 2017 Versi

(kpl/tmd)

Sumber: http://musik.kapanlagi.com

Post Author: admin