Pertahankan Tradisi, Endah N Rhesa Pilih Rilis Album Ketimbang Single

РDi ketika banyaknya pelaku seni musik memilih bagi launching single dibanding album di era digital seperti sekarang ini, duo Endah n Rhesa nyatanya masih ingin mempertahankan tradisi.

Bukan tanpa sebab, ada alasan tersendiri mengapa Endah n Rhesa memilih launching album daripada single. Industri musik ketika ini memang telah mengalami banyak perubahan.

“Kalau untuk kalian album adalah sebuah dokunentasi, pengaktualan, identitas. Kalau cuma single seperti tak cukup buat merangkum ide-ide dan isi kepala. Sebagai musisi itu adalah tantangan sejauh mana kami mampu produktif, eksis dan konsisten berkarya. Album adalah tantangan yg berat sekali,” kata Endah ketika ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (1/8/2018).

Endah N Rhesa ? Kapanlagi/Boni SutantoEndah N Rhesa ? Kapanlagi/Boni Sutanto

“Album itu experience nya berbeda aja, dan kita ingin menawarkan experience itu kepada pendengar,” kata Rhesa menambahkan.

Endah n Rhesa yg merintis karier sejak tahun 2005, dan telah launching empat album, menyampaikan lebih memilih album sebagai aktualiasi diri daripada menjadikan album sebagai komoditas.

“Buat kalian dari awal bikin album itu bukan buat jualan ya. Memang kita fokus buat mengaktualkan diri. Karena bagi kalian musisi itu seperti kami milik ilmu yg harus diasah terus. Itu salah satu cara mempertajam diri ya untuk alabum,” kata Endah diamini Rhesa.

Endah n Rhesa tidak lama lagi mulai mengeluarkan album kelima. Saat ini, produksi album tersebut telah hampir rampung. Rencananya album kelima dari Endah n Resha mulai diluncurkan awal Agustus atau awal September nanti.

Ditulis oleh: Dadan Deva

(kpl/bin/frs)

Sumber: http://musik.kapanlagi.com

Post Author: admin