Republik Cinta Management: Apa Kabar Dengan Para Artis Di Dalamnya?

– Ketika pertama kali muncul sekitar tahun 2007, rasanya segala remaja yg melewati masa SMP dan SMA pasti tahu dengan The Rock Indonesia Ahmad Dhani, atau juga disingkat T.R.I.A.D. Yap, setidaknya remaja pada ketika itu tidak perlu jago memainkan gitar cuma buat membawakan lagu Munajat Cinta. Tanpa perlu waktu lama, Ahmad Dhani langsung mengenalkan band barunya yg bernaung di bawah naungan label anyar miliknya, Republik Cinta Management.

Singkat saja, Republik Cinta Management segera meroket saat sederet artis akan ikut bergabung di bawah naungannya. Ya, meskipun kebanyakan masih berada dalam satu circle dengan Ahmad Dhani. Well, setidaknya, Republik Cinta Management berhasil membawa sederet artis baru seperti T.R.I.A.D, Dewi Dewi, The Fatimah, The Lucky Laki, The Virgin, sampai akhirnya Dewa 19 yg juga ikut masuk ke dalamnya.

© /Muhammad Akrom Sukarya© /Muhammad Akrom Sukarya

Tapi sadar atau tidak, perlahan nama Republik Cinta Management seolah memudar. Beberapa artis yg bernaung di bawahnya pun ada yg masih aktif, ada juga yg akan keluar dan membuat project sendiri. Atau artis yg akan tak banyak aktif seperti Mulan Jameela yg kini lebih sibuk menjadi seorang istri dan Ibu buat keluarga Dhani. Jangan lupakan juga Tata Janeeta dan roster lainnya.

Lalu, apa kabar para artis yg bernaung di bawah manajemen Ahmad Dhani ini? Jawabnya, beberapa di antara mereka masih melanjutkan langkah mereka di dunia musik, meskipun belum ada karya baru. Contoh, Dul Jaelani. Meski Al Ghazali menetapkan buat berkarir seorang diri sebagai Disc Jockey (DJ), Dul Jaelani pun melanjutkan langkahnya bersama El Rumi dengan membentuk Ahmad Bersaudara.

Dul Jaelani kini fokus dengan solo project-nya © /Budy SantosoDul Jaelani kini fokus dengan solo project-nya © /Budy Santoso

Hanya saja El yg kini melanjutkan studinya di Inggris harus meninggalkan Dul sendirian. Akhirnya, sebuah project solo jadi pilihan Dul buat menyalurkan hasrat bermusiknya. Single yg berjudul Cakrawala lantas menjadi pembuktiannya. Bagaimana dengan The Virgin?

Rasanya tak berlebihan seandainya menyebut The Virgin tengah memasuki masa tak produktif. Sempat beredar isu bubar, Mitha The Virgin mengaku kalau grup yg ia jalankan bersama Dara The Virgin masih tetap aktif di panggung off air. Setelah itu, Dara kembali fokus dengan project solonya, sedangkan Mitha melanjutkan langkah dengan duo elektroniknya yg bernama Black Champagne.

Black Champagne, duo elektronik baru Mitha The Virgin © /Bayu HerdiantoBlack Champagne, duo elektronik baru Mitha The Virgin © /Bayu Herdianto

Kemudian ada Dewa 19, unit rock legendaris Tanah Air yg ketika ini masih aktif tampil di beberapa panggung meskipun tanpa lagu maupun album baru. Memang cukup disayangkan buat band veteran seperti Dewa 19 yg harus melangkah tanpa sesuatu yg baru, tapi, siapa orang yg tak rindu buat menyanyikan lagu Kangen atau Risalah Hati bersama Ahmad Dhani?

Sedangkan Dewi Dewi, usianya memang tidak bertahan lama di industri musik setelah Inna Kamarie menetapkan keluar. Memutuskan bagi berganti nama menjadi MahaDewi, lagi-lagi duo ini pun gagal bertahan sebelum kemudian Dhani kembali menghidupkannya dengan merekrut trio baru. Tata Janeeta? Ia memilih buat menjalani solo karir dan kehidupannya sendiri.

Mulan Jameela semakin jarang kelihatan di panggung musik Tanah Air © /Muhammad Akrom SukaryaMulan Jameela semakin jarang kelihatan di panggung musik Tanah Air © /Muhammad Akrom Sukarya

Oke, beberapa artis yg berada di bawah naungan Republik Cinta Management memang terkesan ‘lesu’. Namun yg menarik adalah saat kami melirik dan masuk ke dalam situs resmi manajemen ini. Pada bagian ‘Artists’, beberapa nama masih dicantumkan sebagai bagian dari Republik Cinta Management. Begitu juga dengan contact person buat masing-masing orang yg menangani artis di dalamnya.

Bahkan, solo project Mitha dan Dara pun ikut dipromosikan melalui situs resmi Republik Cinta Management dan masing-masing sudah memiliki label rekaman sendiri (Mitha dengan Nagaswara, Dara dengan Aksen Record). Tentunya ini langkah yg baik mengingat Republik Cinta Management dapat menjalankan bisnisnya dalam mengelola setiap artis yg ada di dalamnya.

Apakah Republik Cinta Management lebih memfokuskan para artisnya pada panggung off air? © republikcintamanagement.comApakah Republik Cinta Management lebih memfokuskan para artisnya pada panggung off air? © republikcintamanagement.com

Sedangkan untuk para artis, mereka tidak perlu repot-repot mengikuti manajemen artis dalam sebuah label yg dapat dipastikan mulai kembali menguntungkan pihak label. Walau begitu, tetap saja Republik Cinta Management perlu melakukan manuver atau gimmick baru ketika ini. Pastinya mengingat beberapa artis di dalamnya yg sedang memasuki masa tak produktif atau bahkan sedang tak aktif.

Jangan Lewatkan Ini!

Stray Kids: Debut Jadi Trending Topic Sampai Kalahkan Rekor Wanna One!

Siapkan Tisu, Deretan Film Animasi Ini Tak Disangka Sukses Bikin Mewek!

Terinspirasi dan Kagum, Fans Garis Keras Ini Tato Nama Young Lex di Punggungnya

‘TITANIC’ Sampai ‘TWILIGHT’, Film-Film Ikonik Yang Melekat di Image Para Pemainnya

Taman Bermain Itu Bernama 88Rising!

(kpl/ntn)

Sumber: http://musik.kapanlagi.com

Post Author: admin