Rilis Album, Apa Alasan Andien Kembali Menempuh Jalur Indie?

– Berkarir di dunia musik selama 17 tahun, tentu bukan masa yg singkat dan gampang untuk seorang penyanyi seperti Andien. Banyak tempaan dan pengalaman yg ia bisa selama membangun karir, baru-baru ini Andien pun kembali menegaskan langkahnya dengan merilis album terbaru, METAMORFOSA.

“Aku telah 17 tahun berkarir, gak kerasa ya udah dari tahun 2000 sampe 2017, banyak sekali masa-masa, saya melewati dari masa awal-awal karir tuh tadinya ada senioritas. Waktu awal-awal tahun 2000an ada yg namanya senioritas, yg penyanyi baru kemudian harus berhadapan dengan penyanyi lagi, lebih senior. Untuk digembleng di belakang panggung lah istilahnya,” saya Andien ketika ditemui dipeluncuran album Metaformosa, Gallery Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2017).

Yang menarik, pada perilisan album METAMORFOSA kali ini Andien justru kembali memilih bagi menempuh jalur independen. Andien dulu kembali menceritakan sedikit bagaimana perjalanan awal karirnya yg penuh dengan tempaan, di mana hal ini kemudian menjadi alasannya bagi melangkah di koridor indie.

Cinta pada musik dan ingin selalu berkarya secara jujur, jadi alasan Andien menempuh jalur indie bersama album 'METAMORFOSA' Cinta pada musik dan ingin selalu berkarya secara jujur, jadi alasan Andien menempuh jalur indie bersama album ‘METAMORFOSA’ /Muhammad Akrom Sukarya

“Dulu masih kaset, aku rekaman masih di pita, udah gitu ke CD, kaset udah gak ada. Sekarang udah gitu digital, CD udah hampir gak ada, dan proses ditanggungnya sendiri tuh banyak sekali. Dari yg tadinya capek nyanyi karena dibarengin sama sekolah, yg tadinya nyanyi tiap hari ampe suaranya abis, selalu brantem sama record label, selalu udah gitu dicerca orang, misalnya lagunya terlalu susah. Dibikin gampang, dicerca juga (karena) terlalu gampang, jadi saya sampe pada titik di mana merasa harus melihat lagi ke belakang,” lanjutnya.

Semua kilas balik terhadap perjalanan karirnya dulu mengantarkan Andien pada sebuah titik di mana ia menemukan alasan pertamanya bagi melangkah di dunia musik. Tak peduli dengan apa komentar orang lain, kecintaan terhadap musik dan bernyanyi, jadi alasan yg membuat Andien mantap bagi meretas album METAMORFOSA secara independen.

“Dulu Andien kecil itu pada tahun 2000 nyanyi kenapa sih? Apa emang mau diduet, apa yg mau nyenengin orang, atau mau apa? Gitu sebenernya. Ternyata (alasannya) adalah karena saya suka bernyanyi, jadi saya nggak lagi memikirkan apakah, bagaimana pandangan orang terhadap lagu tersebut. Aku ingin berkarya sejujurnya saya aja, tanpa ada yg membatasi. Jadi ini adalah karya indie, mungkin. Ini yg kedua sebenernya, tetapi mampu dibilang ini yg pertama kalinya saya mikirin bener-bener dari A sampe Z,” pungkasnya.

Yakin Sudah Tahu Yang Ini?

Rilis Album ‘METAMORFOSA’, Andien: Ini Seperti Saya Kembali ke Masa Yang Lalu

Astrid Tiar Ceritakan Tumbuh Kembang Buah Hatinya

Rangkuman Hari Kedua ‘Soundrenaline 2017’, Dari Folk Sampai Musik Rock

Kolaborasi KPR dan Glenn Fredly Panaskan ‘Soundrenaline 2017’!

Penonton Antusias, Mew Senang Bisa Kembali Tampil di Indonesia

(kpl/far/ntn)

Sumber: http://musik.kapanlagi.com

Post Author: admin