Rilis Single ‘Cakrawala’, Dul Jaelani: Lagu Ini Menggambarkan Kondisi Saya Sekarang

– Beberapa waktu dahulu Dul Jaelani kembali menegaskan langkahnya di industri musik Tanah Air dengan meretas single baru yg berjudul Cakrawala. Ditulis pada tahun 2015 dan dilakukan ulang, Dul pun mengungkapkan seandainya single Cakrawala ini yaitu bentuk ekspresi dari caranya mengatakan ide lewat media musik.

“?Ya, Cakrawala adalah single kedua aku sebagai solois. Bedanya, kalau Kamu dan Aku itu lagu tentang cinta pada umumnya, tentang putus cinta, dan notasinya, liriknya memang sangat-sangat nge-pop, karena memang aku tujukan kepada industri komersil musik Indonesia walau memang aku tetap jujur dari pengalaman pribadi. Namun beda dengan Cakrawala. Ketika aku bikin lagu Cakrawala, itu 99 persen lagu yg tulus terlahir dari jiwa aku sendiri, aku tak berfikir buat jualan dan lain-lain yg berhubungan dengan komersialisme. Saya pure ingin mengekspresikan suara hati aku dan jati diri aku yg sesungguhnya,” ujar Dul, seperti dimuat dalam email yg masuk pada redaksi kami.

© Dul Jaelani Music© Dul Jaelani Music

Jika mendengarkan lagu Cakrawala, tentu para penikmat musik alt-rock di era 90an mulai langsung teringat beberapa sosok seperti Soundgarden hingga Nirvana. Namun menariknya, Dul menambahkan sedikit unsur pychedelic dan synthesizer yg diformulasikan secara apik dalam single terbarunya ini.

“(Lagu masih bercerita pengalaman pribadi) Tentu, lagu ini menggambarkan keadaan aku sekarang. Lagu ini sebenernya lagu grunge atau alternative rock 90an, namun aku kasih pembaharuan dengan aku kasih sedikit ramuan-ramuan psychedelic dan synthesizer (pad), jadi agak lebih kekinian,” lanjutnya.

© Dul Jaelani music© Dul Jaelani music

Sedangkan saat ditanya lebih jauh, Dul Jaelani menegaskan kalau single Cakrawala lebih banyak bercerita tentang perjalanan seseorang bagi meraih mimpinya dalam hidup. Dul kemudian merepresentasikannya seperti seseorang yg tengah mendaki gunung buat meraih puncak.

“Lagu Cakrawala ini tentang seseorang yg menjalani hidup dalam alam ini bagi meraih mimpinya. Bisa digambarkan seperti orang yg sedang mendaki gunung bagi meraih puncak abadi. Dan juga mengekspresikan keresahan-keresahan yg ada dalam perjalanan hidup tersebut,” pungkas Dul.

Yakin Sudah Baca Yang Ini?

‘Cakrawala’, Pembuktian Seorang Dul Jaelani Dalam Bermusik?

Bisnis Snack Kekinian Dianggap Mahal & Tidak Bersih, Maia Estianty Beri Tanggapan

Safeea Mulai Tunjukkan Interest ke Dunia Musik, Suka Lagu Queen!

Dul Jaelani Anggap Safeea Seperti Anak Sendiri

Safeea Ulang Tahun, Al Ghazali dan Dul Jaelani Berbagi Kebahagiaan Dengan Cara Ini

(kpl/ntn)

Sumber: http://musik.kapanlagi.com

Post Author: admin