Soal Musisi Cover, Danilla Riyadi: Kalau Mau Diambil Positifnya Itu Promo

– Dengan seluruh kemudahan yg ada di era digital ini, setiap orang mampu menjadi seorang musisi. Yap, lagu cover, pun kerap jadi pilihan terbaik buat mencuri sedikit perhatian dari para penikmat musik Sebagai salah satu musisi dengan lagu yg banyak di-cover, bagaimana komentar Danilla Riyadi sendiri?

“(Banyak yg cover lagu Danilla) Aku lihatnya malah kayak guru, wah, gila sih sampai ada lagu yg mereka cover itu berarti mereka suka banget kan. Ada juga lagu yg ngikutin caranya. Walaupun mereka mainnya salah-salah, tetapi yg saya respect adalah mereka tuh mau lho cover lagu negeri sendiri, mereka itu effort buat upload di media sosial dan ngasih tahu aku, ‘ci maaf ya baru kayak gini,’ tetapi untuk saya itu adalah bentuk apresiasi yg paling ringan, besar nilainya,” ujar Danilla ketika ditemui diGallery Indonesia Kaya, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2017).

Namun bicara mengenai musisi cover, tak sedikit pula dari mereka yg mengunggah karyanya ke platform streaming dan meraih untung yg tak sedikit. Namun Danilla sendiri merasa bersyukur mengingat ketika ini telah ada badan yg mampu melindungi setiap karya cipta.

Danilla akui dirinya deg-degan seandainya para musisi cover mengambil keuntungan dari lagu-lagunya Danilla akui dirinya deg-degan seandainya para musisi cover mengambil keuntungan dari lagu-lagunya /Muhammad Akrom Sukarya

“(Kalau soal musisi cover) Sebetulnya kalian butuh perlindungan hak cipta dan hal semacamnya, hanya di satu sisi ini memang era digital yg internet itu udah gila-gilaan. Kalau mau diambil positifnya itu promo, ya mereka.Subscriber-nya tuh gila-gilaan itu, kalo mau dibilang itu promo apa, ya mereka mau mengambil keuntungan dari seniman itu sendiri gitu, buat badan yg lebih, badan yg mampu ngelindungi karya-karya kami gitu. Karena di Indonesia seniman buka kayak pegawai bank yg dianggap kayak gimana gitu. Tapi untung sih makin ke sini kayaknya udah lumayan ada gagangnya lah bagi kami (para musisi berkarya) di sini,” lanjutnya.

Musisi yg karyanya pertama kali dikenal lewat platform SoundCloud itu sendiri mengaku tetap santai dengan kehadiran para musisi cover. Hanya saja Danilla tetap merasa deg-degan seandainya para musisi cover tersebut telah akan meraup keuntungan dari setiap karyanya yg dibawakan mereka.

“Kalau di-cover sih gue masih santai, hanya kalau diambil keuntungan itu agak deg-degan ya, agak kayak, ini basic income gue diambil, tetapi ya udahlah, gimana lagi. Cuma kayak, toh saya juga gak ada badan yg ngelindungin aku, saya juga ada beberapa lagu yg memang harus dilindungi, jadi saya ngerasa, ‘ya salah kamu sendiri sih’, dan tetapi mesti didaftarin sih. Solusinya iya, harus ada hak cipta. Udah ada badannya kan sekarang, hanya musisi masih terbiasa dengan sistem yg lama, ya udah ciptain lagu ciptain aja, ketatnya sekarang kalian belum terbiasa,” pungkas Danilla.

Sudah Baca Yang Ini Belum Sih?

Album ‘LINTASAN WAKTU’, Janji Danilla Riyadi Untuk Fans Sejak Beberapa Tahun Lalu

Eitherway Rilis Single Perdananya, ‘Thank Heaven’

5 Tahun Berkarya, Midnight Quickie ‘Bahagia Bersama Osvaldo Rio’

Intenna Kembali Melangkah Dengan Formasi Baru dan Rilisan EP, ‘FLAW’

Shewn Benamkan Identitas Emo, Post-Punk & Alt-Rock di Album Kedua

(kpl/far/ntn)

Sumber: http://musik.kapanlagi.com

Post Author: admin