Ulog Soho, Sosok Ayah Dibalik Kesuksesan Endank Soekamti

– Nama band pop punk yang berasal Jogja, Endank Soekamti, kini begitu terkenal di kalangan pecinta musik Indonesia. Musiknya yg jujur dan apa adanya membuat bang yg kini digawangi Erix, Dory, dan Tony atau dikenal sebagai Supersas membuat mereka makin diterima dan dicintai oleh penikmat musik Indonesia. Fans mereka, Kamtis Family pun makin menjamur di segala sudut Indonesia.

Dibalik kesuksesan yg diraih Endank Soekamti yg sudah sekitar 16 tahun mengarungi industri musik Indonesia, sosok sang manager, Ulog, menjadi salah satu faktor kesuksesan band yang berasal Jogja tersebut. Ulog bukanlah orang yang lain dalam sejarah berdirinya Endank Soekamti pada tahun 2001. Bersama Erix, Tony, dan Fendy, Ulog menjadi pionir lahirnya Endank Soekamti. Setelahnya, Ulog menjadi bagian dari managemet Endank Soekamti dan tahun 2003 memainkan dua peran, yakni sebagai Manager dan Road Manager.

“Sejak 2003 sampai 2014 aku mengisi posisi manager sekaligus road manager bila terdapat kekosongan jabatan sambil mencari calon manager sebagai pengganti, bila telah ada yg mengisi jabatan manager maka aku kembali memegang posisi road manager. Namun setelah gonta ganti manager 8 kali dalam kurun waktu 11 tahun sampai 2014 akhirnya kita sepakat tak mencari lagi sosok manager. Maka buat itu aku pegang sendiri bagi tugas manager dan road manager sampai dengan ketika ini,” ungkap Ulog kepada .

Ulog Soho Ulog Soho Instagram

Jelas bukan pekerjaan gampang untuk Ulog bagi menjalankan dua peran di Endank Soekamti. Tugasnya bukan cuma bertanggung jawab terhadap personil band tetapi juga crew serta tim yang lain dari Endank Soekmati. Bahagia dalam bekerja, itulah yg menjadi kunci Ulog menjalankan perannya. Ia pun mendapat panggilan ayah di Endank Soekamti karena perannya hang cukup sentral.

“Bahagia dalam bekerja adalah andalan aku bagi mempersempit peluang konflik, namun apabila konflik terjadi tentu saja harus menjadi penengah dan menyelesaikan dengan cepat dan jangan sampai berlarut-larut. Itulah kenapa seluruh memanggil aku ayah di Endank Soekamti, karena tugas aku memang seperti bapak di keluarga besar Endank Soekamti yg totalnya hampir 35 orang,” papar Ulog.

Tahun 2016 tepatnya tanggal 22 Juni, disebut Ulog sebagai bagian cerita sedih yg dialami olehnya dan keluarga besar Endank Soekamti. Pasalnya, ketika itu Ari Hamzah, drummer Endank Soekamti menetapkan buat keluar. Jelas ini menjadi kehilangan yg besar buat keluarga besar Endank Soekamti. Personil, crew, serta tim lainnya pun sedih dengan keputusan Ari. Begitu pun dengan Ulog yg sedih karena kehilangan bagian dari “keluarga”. Namun, sekali lagi, Ulog sebagai manager harus bisa mengendalikan egonya dan membangkitkan semangat keluarga besar Endank Soekamti.

Ulog Soho Ulog Soho Instagram

“Betul sekali itu (keluarnya Ari) adalah ketika ketika yg paling sulit di Endank Soekamti, beruntunglah mereka seluruh masih mau mendengarkan Ayah mereka, beberapa hari aku tidur hanya sebentar cuma bagi menjaga kestabilan band, tidak mampu dipungkiri seluruh hancur berantakan dan harus dikumpulkan dan disatukan sebelum pecahan kecil itu hilang tersapu. Dan waktu menyembuhkan semuanya,” ceritanya.

Pasca keluarnya Ari, Tony yg yaitu personil pertama Endank Soekamti mengambil peran sebagai drummer. Ia pun diberi karakter sebagai Supersas. Endank Soekamti pun bisa melupakan kesedihan mereka dan bangkit. Endank Soekamti pun bukan cuma menjadi sebuah band tetapi rumah. Kedekatan antara manager, personil, crew, dan tim lainnya membuat Ulog merasa kehilangan saat dirinya harus cuti.

“Keceriaan dan kegilaan Soekamti day yg membuat kangen. Pernah saya cuti dua pekan beberapa ketika dahulu karena ada acara keluarga. Sedih banget tak mampu menjadi bagian dari Soekamti day. Kalau malam seperti orang pacaran, chatting kayak pacaran LDR,” tutupnya.

Simak Berita Lainnya:

Band Asal Prancis Garap Ulang ‘Unstoppable’ Milik Endank Soekamti

Endank Soekamti Rilis Single dan Video Klip ‘Liburan’

Rayakan Hari Film Nasional, Endank Soekamti Rilis BTS ‘VLOGFEST’

‘LIVING ON BOARD’, Film Dokumenter Terbaru Dari Erix Soekamti

Gebrakan Baru, Endank Soekamti Rilis Video Klip Lagu Anak

(kpl/pur/frs)

Sumber: http://musik.kapanlagi.com

Post Author: admin