10 Pasangan Akan Nikah Di Atas Mobil Damkar Di Malioboro

Bantul – Sepuluh pasang pengantin di Yogyakarta mulai melangsungkan pernikahan di atas mobil pemadam kebakaran punya Pemerintah Kota Yogyakarta pada 26 September mendatang di kawasan Malioboro tepatnya depan kantor DPRD.

Menurut Ketua Pelaksana Forum Taaruf Indonesia (Fortais) Sewon Ryan Budi Nuryanto di Bantul, Sabtu, pernikahan di atas mobil damkar dan digelar Fortais bersama Paguyuban Rias Hastanata serta pihak terkait dan didukung Pemkot Yogyakarta itu bertajuk “Nikah Bareng Pancasila Sakti”.

“Nikah Bareng Pancasila Sakti ini diadakan terbuka bagi umum dan gratis fasilitas berkonsep wedding in nusantara dengan tema menyatukan hati buat Illahi dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia),” katanya.

Ryan mengatakan, seluruh pasang pengantin rencananya mulai mengenakan busana manten lengkap dari berbagai daerah sebagai simbol Bhineka Tunggal Ika dengan tata rias dari paguyuban dan dekorasi pelaminan yg beda dari biasanya.

Prosesi pernikahan mulai diawali dengan kirab manten naik mobil damkar dari Balai Kota Yogyakarta menuju Malioboro, dan saat sampai DPRD DIY mulai disambut dengan penampilan drum band Gema Dirgantara dari STTKD Yogyakarta.

Penyambutan dengan drum band dan pramugari STTKD Yogyakarta itu sebagai cucuk lampah yg diikuti belakangnya Gunungan Ingkung Jawa serta uborampe sebagai wujud atau ucapan tasyakuran.

Yang unik dalam pernikahan ini adalah bahwa mahar ijab kabulnya berupa seperangkat alat shalat dan pengucapan teks Pancasila secara bersama-sama di atas mobil pemadam kebakaran. Pernikahan bareng ini sekaligus buat menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Yogyakarta ke-261 dan hari Kesaktian Pancasila.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin