Aktivitas Gunung Gamkonora Tidak Terpengaruh Adanya Gempa

Ternate – Aktivitas Vulkanik Gunung Gamkonora dan Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara (Malut) sejauh ini tak terpengaruh dengan adanya gempa suam yg selalu menerus menggetarkan daerah itu sejak 27 September 2017.

“Kami selalu berkordinasi dengan pihak Pos pengamatan Gunung Api Gamkonora dan Gunung Ibu terkait adanya gempa suam yg selalu melanda Halmahera Barat, tapi sampai ketika ini aktivitas vulkanik di kedua gunung itu tak terpengaruh,” kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Halmahera Barat, Zainudin Ibrahim saat dihubungi dari Ternate, Sabtu.

Namun demikian, masyarakat dan wisatawan diimbau buat tetap tak mendekati kawah kedua gunung api itu, yakni sekitar 3 kilo meter dari kawah gunung Gamkonora dan 2 kilo meter dari kawah gunung Ibu, karena masing-masing masih berstatus waspada.

Ia mengatakan, aktivitas gempa suam di Kabupaten Halmahera Barat dalam beberapa hari terakhir ini selalu memperlihatkan penurunan, sehingga masyarakat setempat yg sebelumnya tidur di tenda yg didirikan di luar rumah, kini semuanya telah berani tidur di dalam rumah.

BPBD Halmahera Barat sejauh ini masih menunggu laporan dari pihak kecamatan mengenai jumlah rumah warga yg rusak akibat gempa suam yg melanda Halmahera Barat, bagi selanjutnya mulai diberikan bantuan perbaikan.

Khusus buat jumlah warga yg cedera akibat gempa suam di Halmahera Barat, menurut Zainudin, sesuai data yg diterima BPBD cuma tiga orang, dua orang di antaranya sempat mendapat perawatan di rumah sakit setempat, namun kini kondisinya telah membaik dan sudah kembali ke rumah masing-masing.

Sesuai data dari BMKG Stasion Geofisika Ternate, gempa suam yg terjadi di Halmahera Barat sejak 27 September lalu, tercatat lebih dari 2000 kali dan lebih dari 100 kali di antaranya dirasakan getarannya dengan kekuatan akan dari 2,1 SR sampai 4,9 SR.

Sebelumnya pihak Pos Pengamatan Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Juga melaporkan bahwa meskipun gempa suam di Halmahera Barat terus dirasakan getarannya di Ternate, tak mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Gamalama yg kini berstatus waspada.

(T.L002/J007)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin