Antisipasi Macet Pada Libur Natal, Polri Siapkan Langkah-langkah Ini

JAKARTA, – Sejumlah langkah antisipasi disiapkan Korps Lalu Lintas Polri bagi menghadapi kepadatan arus lalu lintas ketika mudik Natal dan Tahun Baru 2018.

Diperkirakan, puncak kepadatan arus dahulu lintas akan berlangsung pada Jumat (22/12/2017) malam.

“Kami telah menyiapkan rekayasa dahulu lintas buat di dalam tol,” ujar Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri, Kombes Bunyamin, ketika dihubungi, Jumat.

Bunyamin menyampaikan, seandainya terjadi kepadatan di Gerbang Tol Cikarang Utama hingga 5 kilometer, maka dua jam kemudian Gerbang Tol Palimanan dibuka antara 15-20 gerbang tol. Sedangkan pintu keluar lainnya dibuka maksimal.

“Bila terjadi kemacetan di Jalan Tol Cikampek akibat penumpukan kendaraan di tempat istirahat, maka mulai diberlakukan contraflow akan dari Km 31 – Km 52,” ucap Bunyamin.

“Begitu juga bila terjadi kemacetan akibat pembangunan jalan, maka mulai diberlakukan contraflow dari Km 5 – Km 52,” ujar dia.

(Baca juga: Puncak Arus Natal 22 Desember, Tahun Baru 29 Desember 2017)

Selanjutnya, bila terjadi kemacetan di Pantura Jateng di kawasan Pejagan-Brebes, maka semua kendaraan yg ada di Tol Cipali mulai dikeluarkan di gerbang tol sebelum gerbang tol Palimanan.

“Apabila Pantura dan jalan Tol Jabar-Jateng terjadi kemacetan parah, maka seluruh kendaraan dari arah Jakarta mulai diarahkan ke Tol Cipularang Km 66 dan Exit Tol Cikopo diarahkan ke Pantura dan Purwakarta. Semua kendaraan di dalam tol mulai diarahkan keluar melalui gerbang tol Pejagan menuju jalur selatan,” kata Bunyamin.

Adapun bila di Km 66 terjadi kepadatan arus dulu lintas imbas dari tempat istirahat Km 62 dan rapat arus dari Purbaleunyi, maka akan dari Km 66 Tol Cipali – Km 40 Cikampek mulai diberlakukan contraflow.

“Bila terjadi antrean sepanjang 5 kilometer di gerbang tol Cikarut, maka mulai dibuka tanpa adanya transaksi pembayaran hingga arus dahulu lintas lancar,” tuturnya.

TV Jalan raya di lintasan Nagreg sudah selesai diperbaiki.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin