Belum Ada Penghayat Kepercayaan Terdata Di Sumbar

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyampaikan belum ada masyarakat penganut aliran penghayat kepercayaan terdata di daerah itu.

“Sampai sekarang tak ada terdata aliran itu berkembang di Sumbar,” kata Kepala Kesbangpol Sumbar, Nazwir di Padang, Kamis.

Ia menyampaikan hal tersebut terkait keputusan Mahkamah Konstitusi yg memberikan kedudukan yg sama pada penganut aliran penghayat kepercayaan dalam memperoleh hak terkait administrasi kependudukan.

Meski hingga ketika ini belum memiliki data, tapi Nazwir menduga, aliran itu kemungkinan ada di Kepulauan Mentawai. Karena di daerah itu memiliki kearifan lokal tersendiri.

Tetapi menurut dia selama ini mereka tak pernah memunculkan diri dalam identitas penghayat kepercayaan.

“Kalau Mentawai, ada ciri-cirinya, namun tak memunculkan identitas. Pada umumnya telah menganut agama yg selama ini diakui, seperti Nasrani dan Islam,” ujarnya.

Mungkin saja setelah adanya putusan MK, lanjutnya, para penghayat kepercayaan di Mentawai menetapkan buat memunculkan diri. Tetapi dapat juga tetap menjalani kehidupan sesuai dengan yg mereka pahami sekarang.

“Jika nanti mereka menetapkan buat memunculkan keberadaannya, maka sesuai putusan MK, kalian harus menghormatinya,”ujarnya.

(Baca juga: Kemenag dukung pengakuan aliran kepercayaan)

Editor: Monalisa

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin