BPBD Badung Data Pengungsi Gunung Agung

Mangupura, Bali – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Badung, Bali, masih mendata jumlah pengungsi dari Kabupaten Karangasem, yg meninggalkan rumah-rumah mereka akibat meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Agung dengan status siaga level IV atau awas.

“Saat ini tim kita selalu melakukan pendataan dan berdasarkan data sementara kurang lebih sekitar 26 orang pengungsi Gunung Agung telah tiba ke Badung,” kata Kepala BPBD Badung Nyoman Wijaya ketika dihubungi di Tabanan, Sabtu.

Ia mengatakan, pengungsi yg datang di Badung ini tak menginap ditempat pengungsian, namun tinggal bersama sanak saudaranya yg ada di Kecamatan Petang dan Kecamatan Mengwi.

“Mereka (pengungsi ini) tinggal di rumah kerabatnya yg ada di Badung. Namun, kita juga bersiap memberikan bantuan apabila banyak pengungsi Gunung Agung yg tiba ke Badung,” ujarnya lagi.

Nyoman Wijaya menegaskan, dalam waktu dekan mulai melakukan upaya berkoordinasi dengan pimpinan (Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta) agar menolong para pengungsi Gunung Agung apabila terjadi erupsi Gunung Agung yg memiliki ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut ini.

“Pada Senin (25/9) besok, kita mulai menghadap dengan pimpinan (Bupati) buat berkoordinasi mengantisipasi apabila Gunung Agung terjadi erupsi dan pengungsi membludak tiba ke Badung,” katanya.

Ia juga mulai berkoordinasi dengan Bupati Badung agar memberikan izin menampung para pengungsi Gunung Agung di Gedung Olahraga Mengwi, apabila ramainya pengungsi yg tiba ke daerah itu akibat erupsi Gunung Agung nantinya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat tak panik dan jangan yakin dengan berita hoax bahwa Gunung Agung telah mengeluarkan abu vulkanik. “Kami minta masyarakat di Pulau Bali tenang, meski status Gunung Agung telah naik menjadi level IV atau awas, karena belum ada tanda-tanda erupsi,” ujarnya.

Ia meminta, agar masyarakat tak begitu saja yakin dengan berita di media sosial, namun mencari kebenaran keterangan perkembangan Gunung Agung melalui “webside” BNPB dan BPBD se-kabupaten/kota di Bali.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin