BSN Pastikan Kompetensi Surveyor

Jakarta – Badan Standardisasi Nasional (BSN) memastikan kompetensi surveyor yg terlibat dalam pembuatan peta yg tertuang dalam program kebijakan satu peta.

“Badan Informasi Geospasial (BIG) mulai membuat peta nasional yg mulai dimulai 2018. Nah tugas BSN buat memastikan kompetensi surveyor yg membuat peta tersebut,” ujar Direktur Akreditasi Lembaga Sertifikasi BSN, Donny Purnomo, penandatangan nota kesepahaman dengan BIG, Komisi Akreditasi Nasional (KAN), dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di Jakarta, Selasa.

Sistem sertifikasi tenaga profesional ketika ini, kata dia, terutama dalam bidang keterangan geospasial, belum memamerkan adanya satu sistem yg terintegrasi dan saling pengakuan.

Sertifikat yg dikeluarkan oleh BNSP belum secara segera mampu diterima oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) dan sebaliknya. Badan Pertanahan Nasional (BPN) pun harus melakukan pelatihan teknis sendiri dalam rangka menerbitkan lisensi buat surveyor kadasternya. Padahal sebenarnya sifat pekerjaan dan kompetensi yg dibutuhkan adalah sama merupakan kompetensi bidang Informasi Geospasial.

“Tentu saja, hal itu tak efisien dan menyebabkan biaya tinggi baik buat tenaga profesional maupun buat pemerintah,” katanya.

Dia menjelaskan melalui kerja sama itu maka yg mulai memberikan sertifikasi adalah KAN, sementara yg membuat skema adalah BNSP. Pihaknya juga mulai membuat Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) mengenai surveyor tersebut. Diharapkan semakin banyak surveyor lokal yg memenuhi standar sehingga mampu ikut serta dalam pembuatan peta nasional itu.

“Saat ini jumlah surveyor lokal masih kurang. Meski demikian kita berharap surveyor asing cuma bagi penguatan saja,” harap dia.

Dengan sistem akreditasi dan sertifikasi yg terpadu dan akuntabel, mulai menjadi sarana yg efektif dalam meningkatkan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia, terutama dalam bidang keterangan geospasial yg kompeten dan kompetitif.

(T.I025/R010)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin