Bupati Buton Selatan Terjerat OTT KPK, Mendagri Siapkan Plt

JAKARTA, – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan, Kemendagri masih menunggu penjelasan resmi dari Komisi Pemberantasan Korupsi terkait operasi tangkap tangan yg menjerat Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat.

Menurut Tjahjo, Kemendagri sedang menyiapkan surat penonaktifan dan penunjukan pelaksana tugas bupati seandainya Feisal terjerat perkara hukum.

“Begitu nanti KPK resmi (mengumumkan), Pak Dirjen OTDA (Otonomi Daerah) sekarang telah menyiapkan (surat penonaktifan dan penunjukan Plt). Sudah aku teken,” ucap Tjahyo di Jakarta, Kamis (24/5/2018).

“Langsung kalian kirim (surat) supaya pemerintahan di daerah tak terganggu. Wakilnya, naik Plt,” tutur Tjahjo.

Baca juga: KPK Tangkap Bupati dan 9 Orang di Buton Selatan

Dalam kesempatan ini, Tjahjo kembali menyesalkan terjadinya perkara korupsi kepala daerah. Padahal, Kemendagri sudah menekankan kepada penyelenggara negara bagi bekerja transparan dan akuntabel.

“Ya kalian mau ngomong apa lagi. Selalu kalian sampaikan area rawan korupsi, perencanaan anggaran, politik uang. Lah, kok masih ada saja (korupsi),” kata Tjahyo.

Ketika ditanya apakah ada hubungannya dengan pilkada yg mengeluarkan ongkos yg mahal, Tjahyo membantah mulai hal tersebut.

“Memang kalau mau jujur yg kena ini (kasus korupsi) kan enggak sampai 1 persen, kan case by case saja,” ucap Tjahyo.

Tjahjo pun membantah bahwa korupsi kepala daerah bisa terjadi karena kesalahan sistem. Menurut dia, korupsi bisa terjadi dari pola pikir penyelenggara negara.

“Sistemnya telah bagus semua. Ya kembali ke individunya, karakternya,” tutur Tjahyo.

Agus Feisal Hidayat bersama enam orang yang lain ketika ini dibawa ke kantor KPK usai OTT yg berlangsung pada Rabu (23/5/2018) malam.

KPK juga mengamankan uang senilai Rp 400 juta dalam OTT tersebut.

Baca: KPK Amankan Uang Rp 400 Juta dalam OTT di Buton Selatan

TV KPK belum menyimpulkan apakah perkara ini terkait dengan proses pilkada.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin