Connie Rahakundini: Pengadaan Senjata Impor Korps Brigade Mobil Itu Legal

Jakarta (ANTARA New) – Pengamat pertahanan, Connie Rahakundini Bakrie, menegaskan, pengadaan senjata dan amunisi impor yg dipesan Korps Brigade Mobil Kepolisian Indonesia itu resmi atau legal. “Yang harus ditulis besar itu (senjata) legal,” kata dia, di Jakarta Minggu.

Dia mengatakan, Kepolisian Indonesia sudah mengantongi izin pengiriman senjata impor dari tiga lembaga yakni Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, dan Markas Besar TNI.

Jika dilarang pengiriman senjata impor itu, menurut dia, seharusnya pihak TNI sejak awal tak mengizinkan masuk senjata itu.

Dia menjelaskan, pemberian izin masuk dan mendarat pesawat terbang yg membawa barang berbahaya seperti senjata memasuki ke wilayah Indonesia tak dapat secara mendadak.

“Maka jelas masuk barang itu legal dan sudah melalui proses air clearance jadi telah diketahui otoritas pemberi izin,” ujar dia.

(Baca juga: http://www.antaranews.com/berita/655794/senjata-harus-lewat-bandara-operasional-bareng-pangkalan-udara-militer)

Dia mencurigai ada skenario bahwa impor senjata Korps Brigade Mobil Kepolisian Indonesia itu dianggap publik sebagai pengadaan barang tak resmi atau ilegal.

Dia khawatir masalah pengadaan senjata dan amunisi itu berdampak terhadap hubungan antara TNI dan Kepolisian Indonesia dengan isu barang ilegal.

Dia juga mengimbau Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, tak mengatakan keterangan intelijen seperti rencana pengiriman senjata karena menimbulkan keresahan terhadap masyarakat.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin