Dishub DKI-Waze Luncurkan Fitur Ganjil Genap

Jakarta -Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan salah satu aplikasi navigasi yg berasal dari Amerika Serikat, Waze.

Melalui kerja sama tersebut, Waze resmi launching fitur navigasi yg dilengkapi dengan implementasi Ganjil Genap pada ruas-ruas yg dirancang khusus bagi pengguna Waze di Jakarta.

“Kerja sama dengan Waze itu yaitu salah satu upaya kita bagi mengurangi tingkat kemacetan di wilayah ibukota,” kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah di Jakarta, Kamis.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, menurut Andri Yansyah, pengguna Waze mampu masuk ke menu “setting”, dulu ke menu “navigasi”, dahulu pilih “licence plate restriction” dan masukan dua digit (angka) terakhir nomor plat kendaraan pengguna.

Kemudian, sambung dia, secara otomatis Waze mulai me-rerouting dan memberikan arahan rute lintasan dengan menyesuaikan implementasi Ganjil Genap tersebut.

“Dari segala aplikasi Waze di dunia, cuma di Jakarta dan Brazil yg ketika ini telah diberikan penambahan fitur pembatasan dahulu lintas dengan aturan ganjil genap itu,” ujar Andri.

Selain itu, dia mengungkapkan dengan bantuan map editor lokal dan data dari Dinas Perhubungan serta Jakarta Smart City, fitur bagi menghindari simpang yg sedang dikerjakan pekerjaan konstruksi dan tak bersinyal juga telah bisa diaktifkan.

“Tidak cuma itu, aplikasi Waze bagi wilayah DKI Jakarta juga telah ditambahkan lokasi parkir off street yg tersedia di dekat lokasi tujuan pengguna jalan, misalnya parkir off street IRTI Monas dan Thamrin 10,” ungkap Andri.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin