Gempa Susulan Membuat Panik Warga Halbar

Ternate – Gempa bumi yg melanda Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) secara berturut-turut akan dari 1,6 SR (skala richter) sampai 3,9 SR, nanti sore mencapai 4,0 kemudian 4,2 dan sore 4,7 SR membuat warga setempat panik.

Salah seorang warga Jailolo, Rustam Ajim saat dihubungi, Kamis, menyampaikan sejumlah kerabat dan tetangganya terpaksa menyelamatkan diri ke tempat yg aman dari goncangan gempa bumi yg terjadi dalam beberapa kali.

Sehingga, mereka bersama keluarganya mencari tempat yg aman, karena gempa yg berlangsung beberapa kali itu membuat keluarganya panik.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Ternate, Kustoro Hariyatmoko saat dihbuungi mengatakan, gempat yg terjadi sejak siang tadi ada sekitar 330 kali, tetapi yg kami analisa 50 lebih karena sensor kalian kurang rapat, kami cuma gunakan sensor yg di Galela, Labuha, dan Ternate.

Sedangkan, buat magnitudo gempa bumi yg tercatat memamerkan peningkatan dari pagi hingga sore tadi, karena gempa bumi yg terjadi ini, ada kemiripan dengan gempa bumi yg terjadi di Halmahera Barat tahun 2015 lalu.

Dia mengakui, gempa ini lebih disebabkan adanya deformasi batuan di bawah permukaan di wilayah daratan Halmahera Barat.

“Gempa yg terjadi sore tadi dengan magnitudo 4,7 SR itu lumayan besar dan kedalamannya dangkal. Magnitudo itu lebih besar dari gempa bumi swam tahun 2015 lalu,” katanya.

Untuk itu, BMKG Kota Ternate sudah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat Halmahera Barat melalui BPBD setempat agar masyarakat di daerah Jailolo dan sekitarnya tetap tenang. Warga diminta selalu mengikuti arahan BPBD dan keterangan dari BMKG serta tak terpancing isu dari sumber yg tak bertanggungjawab.

Wakil Bupati Halbar Zaki Mando saat dihubungi sebelumnya meminta para imam di Masjid ikut berdoa begitu juga dengan pihak pendeta di Kristen, jadi diimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan teruslah mewaspadai.

Selain itu, ketika di singgung pihak Pemkab Halbar, bakal hadirkan tim ahlih Gempa di Halbar, dengan maksud dapat menangani cepat potensi-potensi gempa.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin