Indonesia-Palau Bahas Penyelesaian Batas Maritim

New York – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu Menlu Palau Faustina K Rehuher-Marugg di sela Sidang Majelis Umum PBB ke-72 di New York, Rabu, membahas percepatan perundingan batas maritim dan isu kelautan.

“Ada satu isu yg belum terselesaikan soal perbatasan laut yg kalian mencoba selesaikan,” kata Menlu Retno di New York, Rabu (20/9).

Palau adalah negara kepulauan yg berada di bagian barat Samudra Pasifik, berbatasan dengan Indonesia dan Filipina.

Kedua negara juga sedang berusaha mengatur batas-batas negaranya dengan Filipina, kata Menlu.

“Palau juga sangat menghargai aktivitas Indonesia di dalam isu samudra,” ujarnya.

Indonesia pun turut berjuang bersama dengan negara-negara berkembang kepulauan dalam rangka mencegah dampak perubahan iklim terhadap negara-negara kepulauan yg kecil, lanjut menlu.

Dalam rapat bilateral dengan Palau, Indonesia juga mengatakan pencalonan RI buat anggota tak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020.

Menlu Retno Marsudi dijadwalkan melakukan kurang lebih 70 rapat bilateral dengan negara-negara sahabat ketika Sidang Majelis Umum PBB ke-72 buat meraih dukungan dalam pencalonan RI sebagai anggota tak tetap DK PBB.

Sementara itu, delegasi Indonesia di SMU PBB ke-72 dipimpin oleh Wapres Jusuf Kalla, yg dijadwalkan mengatakan pidatonya di depan perwakilan 193 negara anggota PBB di sesi Debat Umum pada Kamis.

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin