Jika Terpilih Di Pileg 2019, PSI Wajibkan Calegnya Lapor Kinerja Ke Medsos

JAKARTA, – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia menegaskan bahwa partainya terus mengutamakan transparansi dan profesionalitas dalam bekerja. Langkah itu juga mulai diterapkan seandainya calon legislatif yg diusung oleh PSI berhasil terpilih.

Grace ingin masyarakat mampu memantau kinerja caleg PSI terpilih dengan memanfaatkan media sosial.

“Kami ingin bangun apllikasi teknologi bagi pelayanan publik. Idenya PSI, kami ingin agar seluruh anggota dewan PSI nantinya Dewan Perwakilan Rakyat RI, DPD, DPRD tingkat 1, tingkat 2 itu setiap hari mereka harus melaporkan pekerjaannya setiap hari via media sosial,” ujar Grace di DPP PSI, Jakarta, Jumat (2/3/2018).

Grace mengatakan, aplikasi yg dibuat mulai mirip dengan aplikasi Qlue yg kadang digunakan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dalam menyelesaikan aduan warga. PSI sudah bekerjasama dengan sang perancang Qlue, Rama Raditya buat menciptakan aplikasi tersebut.

Baca juga : 90 Menit, Jokowi Bahas Strategi Pemenangan Pilpres 2019 dengan PSI

“Intinya mereka harus update, upload dia pertemuan apa, kalau ada kunjungan kenapa perlu, ketemu siapa, apa yg didapatkan. Kalau misalnya dia membahas undang-undang misalnya, posisinya dia apa, segala tau dari awal,” ujarnya.

Melalui aplikasi tersebut, PSI dan konstituen mampu langsung mengetahui potensi inkonsistensi kinerja caleg. Grace juga menegaskan bahwa aplikasi ini tak mulai disalahgunakan oleh internal partai.

“Siapapun mau ketua umum, sekjen, enggak mulai dapat mengotak atik, masyarakat yg jadi pengawal,” ujarnya.

Baca juga : PSI, Grace Natalie, dan Citra Partai Anak Muda

Grace menjelaskan bahwa transparansi dan profesionalitas juga sudah digunakan dalam proses perekrutan calon legislatif. Ia menilai, selama ini partai-partai lama melakukan proses rekrutmen tanpa sepengetahuan publik, sehingga berpotensi membahayakan konstituennya.

“Kalau telah internal, enggak kompeten dipaksa untuk jadi wakil rakyat gimana? Dan mereka membuat undang-undang yg berefek ke masyarakat indonesia, itu yg jadi masalah,” katanya.

Oleh karena itu, Grace bersama PSI mendobrak perekrutan dengan mekanisme profesional dan transparan agar publik mampu senang karena ikut mengawasi kinerja caleg pilihannya.

TV Namun Sekjen PSI, Raja Juli Antoni, menegaskan nama Sunny telah ada di struktur kepengurusan PSI sejak lama.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin