Kapolri Berpesan Mahasiswa Menjaga Kesederhanaan

Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian berpesan kepada mahasiswa dan pemuda menjaga kesederhanaan agar tak menjadi korban maupun pelaku tindak kejahatan.

Tito mengatakan hal itu ketika menjadi pembicara yg diwakilkan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri Komisaris Jenderal Polisi Luthfi Lubihanto pada acara Jambore Kebangsaan Wirausaha Mahasiswa dan Pemuda, di Cianjur Jawa Barat pada Kamis.

“Mahasiswa dan pemuda harus bekerja sama mengatakan keterangan kepada aparat Polri dan TNI,” kata Luthfi mewakili Kapolri.

Tito yg berhalangan hadir diwakili Luthfi mengatakan materi “Peran Polri dalam Menjaga Keutuhan NKRI dan Tantangan Keamanan Nasional”.

Luthfi mengharapkan mahasiswa memberikan masukan, saran dan kritik bagi perbaikan institusi Polri.

Ia menyebutkan mahasiswa dan pemuda bisa memanfaatkan fasilitas orang tua, serta menjadi generasi masa depan bangsa melalui aspek kecerdasan spiritual dan intelektual.

Terkait mengatakan pendapat di muka umum, Luthfi menegaskan mahasiswa maupun pemuda sebagai elemen masyarakat dijamin undang-undang dalam berunjuk rasa.

Namun pengunjuk rasa diatur Pasal 5 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

“Setiap orang atau kelompok orang dijamin haknya buat berpendapat dan dijamin haknya dan dijamin berunjuk rasa,” tutur polisi jenderal bintang tiga itu.

(T.T014/R017)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin