Kapolri Minta Irwasum Cek Unit Kepolisian Yang Nilainya “Merah”

JAKARTA, – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengakui tidak segala unit kepolisian memperlihatkan kinerja yg baik dan maksimal.

Oleh karena itu, ia meminta Inspektur Pengawas Umum Polri Irjen Putut Eko Bayu Seno selaku pengawas internal bekerja bagi melihat penyebab beberapa unit kepolisian itu tak bekerja maksimal dan memiliki catatan “merah”.

“Bagi yg merah, aku minta tim Mabes Polri, pak Irwasum dengan Itwasda Polda cek ada apa,” ujar Tito di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/1/2018).

Tito mengatakan, kemungkinan yg terjadi karena kurangnya anggaran, infrastruktur yg kurang memadai, ataupun kinerja anggotanya yg kurang baik.

Jika benar karena alasan tersebut, maka Tito memastikan mulai melakukan perubahan sesuai hasil pengecekan.

(Baca juga : Banyak Laporan Mangkrak, Kapolri Akui Banyak Kelemahan)

 

Dari 171 Polres yg diperiksa Ombudsman, kata Tito, 80 persen dianggap memiliki kinerja yg baik. Namun, 20 persen di antaranya memiliki nilai merah.

“Itu dijadikan bahan evaluasi, ada apa ini,” kata Tito.

Tito mengatakan, hal yg banyak dikomplain masyarakat terkait penanganan perkara hukum yg mangkrak dan persoalan KKN.

Tindakan penyuapan terhadap anggota Polri masih terjadi. Oleh karena itu, Tito meminta satuan tugas sapu bersih pungutan liar lebih maksimal lagi menindak oknum nakal.

“Tadi kapolda juga aku minta langsung gencarkan dan setiap bulan evaluasi. Yang mana ada hasil atau tidak, kami mulai berikan reward and punisment,” kata Tito.

Tito tengah berbangga karena Polri menempati posisi ketiga hingga keempat bagi kategori lembaga yg dipercaya publik selama 2017.

Meski begitu, ia tidak cukup puas dengan capaian tersebut.

“Target aku tak cuma berhenti 70 persen, kalian ingin tahun ini mampu tembus di atas angka 80 persen publik yakin pada polisi,” kata dia.

TV Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan tak ada ancaman menjelang natal dan tahun baru.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin