KBRI London Sosialisasikan Kartu Untuk WNI

London – KBRI London mengelar acara sosialisasi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN) kepada warga Indonesia yg menetap di negara itu.

“Acara sosialisasi KMILN itu dihadiri sekitar 50 warga Indonesia yg tiba dari berbagai kota di Inggris seperti London, Oxford, Cambridge dan dari Wales,” kata Sekretaris II Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI London Anisa Farida kepada Antara London, Kamis.

Selama ini banyak pertanyaan mengenai manfaat dan kegunaan kartu yg berbeda dengan KTP yg dimiliki masyarakat di Tanah Air.

Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI London, Gulfan Afero menyampaikan acara yg diadakan Selasa malam adalah sosialisasi KMILN perdana di London.

“Rencananya, tahun 2018 mulai diselenggarakan sosialisasi KMILN di berbagai kota di Inggris dan Irlandia yg menjadi kantong WNI,” ujarnya.

Menurut Anisa Farida, peserta pada umumnya menyambut positif diluncurkannya Kartu Warga Negara Indonesia di Luar Negeri dengan harapan bisa memfasilitasi perantau Indonesia yg ingin memberikan sumbangsih/berkontribusi kepada Tanah Air.

Dalam acara sosialisasi itu banyak pertanyaan yg muncul di antaranya apakah KMILN dapat menggantikan KTP. Disampaikan bahwa KMILN bukan pengganti KTP dan buat yg milik KTP dan masih aktif, apa masih perlu mendaftar buat mendapatkan KMILN.

Menurut Gulfan Afero, sebenarnya tak wajib, jadi buat masyarakat Indonesia yg ada di Inggris mampu menentukan apakah perlu membuat atau belum perlu.

Namun diakuinya manfaatnya pastinya ada khususnya untuk WNI di luar negeri sebagai pengganti KTP yg mampu digunakan bagi membeli properti, membuka rekening bank dan membuka usaha di Indonesia; buat WNA masih dalam proses pembahasan

Kartu MILN berbentuk digital dan kartu nya mampu dicetak sendiri setelah mendaftar dan berlaku selama dua tahun.

Sampai ketika ini kementerian/lembaga di Indonesia sedang melakukan pembahasan internal fasilitas apa saja yg dapat diberikan kepada masyarakat diaspora Indonesia di luar negeri. Misalnya buat membuka rekening, Bank Mandiri telah mengatakan kesediaan menerima pendaftaran pembukaan rekening dengan Kartu MILN itu.

Sementara Ditjen Imigrasi, sebelum ada KMILN sudah memberikan kemudahan untuk eks warga negara Indonesia dan keluarganya berupa perpanjangan Izin Tinggal kunjungan yg diatur dalam PP Nomor 26 Tahun 2016.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin