Kemenpora Gelar Pembekalan Calon PMMD 2017

Banjarmasin – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi Bidang Pengembangan Pemuda menyelenggarakan Pembekalan calon peserta Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) 2017 buat Provinsi Kalimantan Selatan di Ballroom Hotel GSign Banjarmasin.

“Seluruh peserta se-Indonesia sebanyak 1.500 orang. Mereka ini adalah pemuda-pemuda terpilih yg Diharapkan nantinya dapat mengangkat potensi desa agar berkarakter, berdaya saing dan bermanfaat,” kata Asisten Deputi Bidang Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Ibnu Hasan di Banjarmasin, Selasa.

Acara dibuka pada sore hari dan berlangsung selama empat hari dari Selasa sampai Jumat (6/10) dan diikuti sebanyak 74 peserta dari kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah, dan Kotabaru.

Ibnu Hasan mengatakan, PMMD yaitu salah satu program prioritas nasional dalam rangka mendukung revolusi mental di kalangan pemuda.

Pembekalan itu diharapkan bisa menjadi motivator dan inspirator di Desa dengan tujuan dari program PMMD, merupakan terwujudnya pemuda mandiri yg bisa menjadi penggerak dan pendiri untuk berjalannya roda kehidupan masyarakat di lingkungannya, baik dari segi giat olah raga, sosial, maupun kebudayaan.

Terus dikatakannya, peserta pembekalan kemudian mulai ditempatkan di daerahnya masing-masing buat melaksanakan pendampingan kepada masyarakat selama tiga bulan pada tahun ini.

“Dengan digulirkannya program ini diharapkan mulai muncul pemuda/pemudi dari daerah yg bisa terfasilitasi buat menjalankan program yg bermanfaat buat masyarakat sekitarnya,” ucap Ibnu.

Dirinya juga berharap setelah program selesai, masyarakat desa melalui pemuda-pemuda desa mampu lebih mandiri dan melanjutkan kegiatan-kegiatan yg telah ada.

“Setelah program selesai, diharapkan para pemuda tetap melanjutkan pembangunan di desanya masing-masing,” tuturnya.

Dani salah satu peserta dari Kotabaru menyatakan kesiapannya mengikuti program tersebut. Dia sendiri telah memiliki rencana bagi membuat kegiatan olah raga di desa tempat ia ditugaskan.

“Rencananya mau bikin event olahraga takraw antar-desa. Di Kotabaru olahraga takraw cukup populer,” ujarnya.

Program PMMD buat tahun pertama dilaksanakan di sepuluh provinsi di Indonesia, merupakan Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur dengan melibatkan 1.500 pemuda/pemudi yg mulai mengabdi di desa selama tiga bulan dari Oktober hingga Desember 2017.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin