Komnas Pilkada Independen Buka Peluang Kandidat Perseorangan

Jakarta – Komisi Nasional Pemilihan Kepala Daerah (Komnas Pilkada) Independen membuka peluang kepada para kandidat kepala daerah yg mulai mengikuti Pilkada 2018 dari jalur perseorangan.

Siaran pers Ketua Umum Komnas Pilkada Independen Yislam Alwini di Jakarta, Jumat menyebutkan, pihaknya mulai memberikan dukungan, konsultasi, administrasi, dan hukum serta strategi pemenangan kepada kandidat kepala daerah dari jalur perseorangan.

Menurut Yislam, menghadapi Pilkada serentak 2018, kandidat mampu memilih maju melalui calon dari partai politik atau calon dari jalur perseorangan.

Kemudian, dalam konstelasi pemilihan kepala daerah, lanjutnya, mekanisme pendaftarannya di Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak sama.

Kandidat dari jalur perseorangan memerlukan dukungan segera dari rakyat berbentuk foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan atau surat informasi domisili, sedangkan dari partai politik mendapatkan dukungan dari pimpinan partai politik.

Yislam juga menjelaskan, Komnas Pilkada Independen sebagai sesuatu organisasi yg memperjuangkan keberadaan calon perseorangan sudah berjuang melalui Mahkamah Konstitusi melalui masalah No. 5/PUU-7/2007.

Mengutip Undang-undang No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah pasal 59, Ketua Komnas Pilkada Independen mengemukakan, Pilkada tanpa menyertakan calon perseorangan dinyatakan bertentangan dengan UUD 1945.

Sebelumnya calon kepala daerah diusulkan oleh partai politik, kemudian oleh Mahkamah Konstitusi calon perseorangan bisa disertakan dalam pemilukada.

Yislam menegaskan, sesungguhnya di dalam konstitusi, tugas partai politik diatur cuma beberapa hal saja, merupakan Pemilihan Presiden (pasal 64 ayat 2) dan pemilihan legislatif (pasal 22 E ayat 3) dan dalam UUD tak disebutkan partai politik ikut Pilkada.

Ia menambahkan, khusus buat mengurusi wilayah Indonesia Timur, Komnas Pilkada Independen di Jakarta berada dibawah tanggungjawab Decy Violent Riwu dengan nomer telpon 085284595300.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin