Lulusan “cumlaude” PT Diwacanakan Langsung Diangkat CPNS

Nunukan – Pemerintah pusat mewacanakan mengangkat segera lulusan perguruan tinggi dengan predikat “cumlaude” dan masuk peringkat 10 besar bagi menjadi calon pegawai negeri sipil.

“Lulusan 10 besar pada perguruan tinggi bakal diangkat segera menjadi CPNS,” ujar Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie melalui pesan tertulisnya, Selasa.

Kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) akan diberlakukan pada perekrutan CPNS tahun 2017.

Ia mengaku, sudah mendapatkan penjelasan dari Kemen PA-RB soal itu khusus lulusan terbaik masing-masing perhuruan tinggi (PT). Namun buat pelamar umum tetap mengikuti seleksi sesuai dengan persyaratan yg sudah ditentukan khususnya standar indeks prestasi kumulatif (IPK).

Irianto Lambrie menjelaskan bahwa khusus penerimaan CPNS yang berasal Provinsi Kaltara memenuhi syarat minimal IPK=2,30 dan lulusan dari daerah yang lain minimal IPK 2,75.

Menyinggung kembali soal lulusan terbaik (cumnlaude), yaitu kebijakan baru sesuai input aparatur sipil negara (ASN). Sedangkan standar IPK tetap digunakan sebagai salah syarat penerimaan CPNS karena pertimbangan akademis.

“Lulusan terbaik ini kan telah dianggap cerdas sehingga tak diragukan lagi,” ujar Gubernur Kaltara ini.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin