MA Rilis Perma Baru, Administrasi Perkara Bisa Dilakukan “Online”

JAKARTA, – Mahkamah Agung mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik.

Kepala Biro Hukum dan Humas MA Abdullah mengatakan, perma tersebut yaitu upaya Mahkamah Agung dalam merespons aspirasi masyarakat terkait modernisasi penyelenggaraan peradilan.

” Perma tersebut sangat relevan dengan keadaan geografis Indonesia sebagai negara kepulauan yg sulit dijangkau dengan waktu yg cepat,” ujar Abdullah dalam informasi resminya, Kamis (5/4/2018).

Ia menjelaskan, perma tersebut mulai memberikan kemudahan untuk siapa pun buat mengajukan tuntutan hak, baik gugatan maupun permohonan tanpa harus tiba segera ke pengadilan.

(Baca juga: MA Larang Tersangka Buron Ajukan Praperadilan)

Beberapa ketentuan yg diatur, seperti pengaturan administrasi masalah secara elektronik berlaku bagi macam kasus perdata, perdata agama, tata usaha militer, dan tata usaha negara. Selain itu, layanan administrasi kasus secara elektronik mampu digunakan oleh advokat maupun perorangan yg terdaftar.

Pembayaran biaya kasus juga bisa dikerjakan melalui transfer ke rekening pengadilan. Lalu, panggilan pihak berperkara juga dapat disampaikan secara elektronik dan berbagai norma baru lainnya.

“Keuntungan yg bisa dirasakan oleh masyarakat antara lain, bisa mempercepat waktu proses perkara, mengurangi biaya proses perkara, memberikan pembelajaran buat aparatur pengadilan dan masyarakat buat mengubah mindset dan culture set-nya,” kata Abdullah.

(Baca juga: MA Klaim 88,25 Persen Putusan Kasasi Penuhi Harapan Pihak Beperkara)

Selain itu, peraturan ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan integritas pembinaan dan pengawasan kepada aparatur pengadilan.

“Serta mempersempit dan meniadakan kemungkinan terjadinya penyimpangan perilaku dan pelanggaran kode etik serta Pedoman Perilaku segala aparatur pengadilan,” ujar Abdullah.

TV Hanya 20 persen dari rekomendasi KY yg dijalankan oleh MA.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin