Mendikbud: Peredaran Narkoba Lewat Jalan Tikus

Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta gubernur di daerah perbatasan buat mengawasi peredaran narkoba terutama melalui jalan tikus di perbatasan.

“Saya telah diskusi dengan dua gubernur di perbatasan. Penyelundupan narkoba sangat intensif di daerah itu,” ujar Mendikbud di Jakarta, Kamis.

Dia menyampaikan penyelundupan narkoba di perbatasan Kalimantan dan Sulawesi belum tertangani hingga ketika ini.

Hal ini dikarenakan banyaknya jalan tikus di perbatasan tersebut.

“Pemerintah daerah telah kerja keras, tetapi karena jalan tikus yg bentangannya sekian ratus kilometer, tentunya tidak dapat terawasi semuanya,” jelas dia.

Muhadjir sangat mengaku prihatin dengan video yg viral di media sosial, yg mana seorang anak seperti orang kesurupan akibat pil narkoba bernama paracetamol cafein carisoprodol (PCC).

Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional Sulistiandriatmoko menyampaikan BNN BNNP dan BNNK sedang berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) buat memeriksa kandungan obat bertuliskan PCC.

Pemeriksaan itu terkait berita penyalahgunaan obat yg bertuliskan PCC yg beredar di Kendari, Sulawesi Tenggara, dan menyebabkan sesuatu orang meninggal dunia dan 42 orang lainnya harus dirawat di dua Rumah Sakit di Kendari.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber:

http://www.antaranews.com/berita/652694/mendikbud-peredaran-narkoba-lewat-jalan-tikus

Post Author: admin