Menlu Belgia: Indonesia Mitra Penting Secara Politik-ekonomi

London – Menlu Belgia, Didier Reynders menyampaikan Indonesia terpilih sebagai negara tamu pelaksanaan Europalia, yaitu negara terbesar di Asia Tenggara dengan kekayaan keragaman agama, bahasa, dan budaya yaitu mitra utama untuk Belgia secara politik dan ekonomi.

Hal itu disampaikan Menteri Didier Reynders, pada ketika konferensi pers pelaksanaan Festival Europalia Indonesia di Dynasty Building, Brussel Jumat, demikian Pelaksana Fungsi Penerangan KBRI Brussel Ignatius Priambodo kepada Antara London, Sabtu.

Menurut Ignatius Priambodo, konferensi pers dilaksanakan bagi memperkenalkan secara resmi Festival Europalia Indonesia berlangsung dari Oktober 2017 hingga Januari 2018 kepada media penting Belgia dan Eropa.

Lebih lanjut Menteri Didier Reynders menyampaikan bahwa ia sangat senang Indonesia terpilih sebagai negara tamu Europalia, Indonesia yaitu negara terbesar di Asia Tenggara dengan kekayaan keragaman agama, bahasa, dan budaya.

Beberapa media Belgia tersebut telah melakukan kunjungan ke Indonesia pada Juli dulu buat melihat segera persiapan yg dikerjakan seniman Indonesia buat Festival Europalia.

 Dubes RI bagi Belgia, Yuri Thamrin, dalam sambutannya mengatakan terima kasih terpilihnya Indonesia dan menegaskan bahwa apa yg mulai ditampilkan di Belgia dan negara lainnya adalah pilihan terbaik atau Rampai Indonesia.

Sementata itu, Staf Ahli Mendikbud bagi Inovasi dan Daya Saing, Ananto Kusuma Seta, mengatakan harapannya agar Festival Europalia Indonesia mulai mampu semakin mendekatkan hubungan kebudayaan antarkedua bangsa.

Dalam kesempatan itu para kurator dan bidang artistik memberikan pemaparan mengenai program keseluruhan Festival Europalia Indonesia dan proses kerja sama artistik yg dikerjakan seniman Indonesia dan Belgia.

Festival Europalia Indonesia mulai menggelar dua eksibisi penting yg bertemakan sejarah nenek moyang, sejarah perjuangan dan kosolidasi kekuasaan di Indonesia, dan budaya maritim. Eksibisi ini mulai dilaksakan di dua galeri penting di Brussel dan Lige.

Selain eksibisi, Festival Europalia Indonesia mulai menampilkan seni pertunjukan, seni rupa, musik, sastra, film, dan lainnya. Secara keseluruhan Festival Europalia berjumlah lebih dari 250 kegiatan dan dilaksanakan di berbagai kota di Belgia, Belanda, Prancis, Jerman, Inggris, Polandia dan Austria.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin