Menperin Sebut Perpres TKA Untuk Permudah Industri Dan Inkubasi

JAKARTA, – Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan, peraturan presiden yg mengatur tenaga kerja asing ( TKA) tak dibuat buat memperbanyak TKA di Indonesia.

” Tenaga kerja asing ini yg ada adalah bagi kemudahan, jadi bukan berati ini digerojokin (asal dimasukkan),” kata Airlangga Hartanto dalam diskusi di kantor PARA Syndicate, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Menurut Airlangga, Perpres Nomor 20 Tahun 2018 itu dibuat bagi mempermudah birokrasi, yg malah tak merugikan perindustrian di Tanah Air.

Airlangga menjelaskan, dengan Perpres Nomor/2018, maka TKA dengan kemampuan dan keahlian khusus yg dibutuhkan cepat, tak mulai kesulitan bagi langsung bekerja. 

(Baca juga: Menaker: Perpres TKA bukan Membebaskan Tenaga Asing Bekerja di Indonesia)

Misalnya, ketika ada tenaga ahli atau expert yg dibutuhkan bagi menangani kerusakan atau maintenance, maka dia mulai mampu cepat dihadirkan. Jika tidak, dikhawatirkan operasional pabrik terganggu.

“Nah sekarang dengan perpres baru, mampu kerja dengan aplikasi tinggal,” kata Ketua Umum Partai Golkar itu.

Airlangga juga mengatakan, perpres ini diharapkan bisa menolong dilakukannya proses inkubasi, terutama di bidang ekonomi digital dan kreatif. Sebab, perizinan dengan birokrasi yg rumit tidak jarang membuat kendala dalam proses inkubasi.

“Perlu namanya inkubasi expert ini, ketemu dan berdiskusi. Kalau setiap ketika harus mengurus izin ini kesuwen (terlalu lama), jadi orang malas melakukan inkubasi,” kata Airlangga.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) yg belum lama diteken Jokowi tersebut memang mendapat penolakan dari sejumlah kalangan.

Di DPR, muncul wacana membentuk panitia khusus angket bagi menyelidiki adanya pelanggaran dari penerbitan perpres itu.

Sementara, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mulai menggugat perpres tersebut ke Mahkamah Agung. Gugatan rencananya mulai didaftarkan pada hari buruh 1 Mei mendatang, bersamaan dengan aksi demonstrasi besar-besaran yg dikerjakan para buruh.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

TV Menurut Menaker kemudahan yg diatur oleh Perpres baru ini adalah sisi birokrasi dan layanan perijinan.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin