Menristekdikti Minta Perguruan Tinggi Kembangkan Riset

Meulaboh, Aceh – Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof Mohammad Nasir meminta perguruan tinggi mengembangkan riset buat mendukung peningkatan daya saing bangsa.

“Potensi laut, pertanian di negara kami itu sangat besar, maka mencoba kembangkan dengan penelitian bagi peningkatan daya saing bangsa Indonesia,” katanya ketika memberi kuliah umum di Universitas Teuku Umar (UTU) di Meulaboh, Minggu.

Penelitian-penelitian perguruan tinggi diperlukan buat menumbuhkan inovasi dalam sektor pertanian maupun kelautan.

“Termasuk proses penyimpanan ikan, mencoba lihat Maluku, mereka telah dapat ekspor ikan hidup ke Jepang, Korea, China dan Arab Saudi dalam keadaan hidup. Coba UTU kembangkan itu biar menjadi pusat riset kemaritiman,” katanya.

“UTU ketika ini milik 17 prodi dan beberapa fakultas yg cukup bagi menunjang penelitian-penelitian sektor Kelautan Perikana dan Pertanian. Satu lagi perlu disediakan merupakan pertambangan, aku lihat belum ada,” ia menambahkan.

Ia juga menyebut dua hal yg utama dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa, yakni sumber daya manusia berkualitas yg dihasilkan perguruan tinggi dan inovasi hasil riset-riset ilmiah.

“Problem bangsa Indonesia ketika ini, tak ada yg memakai pola bagi melahirkan lulusan berkualifikasi dan inovasi berkenaan penelitian masih terbatas. Bila menginginkan daya saing bangsa kuat, maka kedua hal itu harus kalian lakukan,” katanya.

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin