Menurut Prasetyo, Kejagung Semakin Dipercaya Karena Pendampingan TP4

JAKARTA, – Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengatakan, Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan Pembangunan (TP4) yg dibentuk sejak 2015 di Kejaksaan mendapat apresiasi dari berbagai kalangan.

Saat ini, semakin banyak kementerian, lembaga, BUMN, BUMD maupun kepala daerah yg meminta pendampingan TP4 buat mengawal proyek atau kebijakan yg mereka buat.

“Bukan kita narsis atau menonjolkan diri, kita rasakan makin dipercaya. Indikasinya karena ternyata makin meningkat permintaan pendampingan berkenaan dengan TP4,” ujar Prasetyo di Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

TP4 dibentuk di tingkat pusat hingga ke Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri.

Baca juga: Kejagung Siapkan Jaksa Khusus buat Tangani Perkara Pilkada 2018

Latar belakang pembentukan tim ini sebagai dukungan kejaksaan pada proyek strategis pemerintah.

Dengan demikian, pihak yg meminta pendampingan merasa tenang, nyaman, tanpa merasa terancam dan terganggu oleh pihak-pihak yg coba menyimpang.

Prasetyo berharap, kehadiran TP4 dapat meminimalkan penyelewengan dan korupsi yg kerap terjadi baik di pusat maupun daerah.

Meski demikian, ada pula pihak yg masih tak berkenan didampingi oleh TP4. Padahal, pendampingan tersebut tidak dikenai biaya apapun.

Baca juga: Terhambat Regulasi, Jaksa Agung Akan Hold Eksekusi Mati Jilid IV

“Dan Kejaksaan pun dalam anggarannya tak tersedia bagi membiayai TP4. Tapi kita lakukan semata-mata sebagai dedikasi kalian pada pembangunan di negeri kita,” kata Prasetyo.

Sambutan baik buat TP4 tidak cuma dari dalam negeri, tapi juga dari Kejaksaan China. Prasetyo mengatakan, Kejaksaan China menyatakan kekaguman pada tim bentukannya itu. Bahkan, ingin juga cara kerja tim tersebut diterapkan di China.

“Mereka malah justru ingin belajar ke kita. Nantinya mrk mulai kirimkan jaksa buat lihat apa yg dikerjakan jaksa Indonesia,” kata dia.

TV Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat kembali melakukan pertemuan dengan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin