Pasca Tenggelamnya KM Sinar Bangun, Kemenhub Akan Keluarkan Surat Edaran

SIMALUNGUN, – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan insiden tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun di Perairan Danau Toba tidak boleh terulang kembali.

Oleh karena itu, Kemenhub mulai mengeluarkan surat edaran ke dinas perhubungan (dishub) di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

“Sebenarnya secara umum tata laksana (pelayaran) telah ada tetapi memang kalian harus menekankan, sosialisasikan, dan mengajak segala stakeholder agar paham,” kata Budi di Posko Terpadu Kecelakaan KM Sinar Bangun di Dermaga Tigaras, Simalungun, Kamis (21/6/2018).

Budi mengakui baik dishub setempat dan pelaku pelayaran mengetahui tata laksana pelayaran, namun mereka terkadang enggan melaksanakan aturan itu dengan baik. Ia menilai insiden ini menjadi pelajaran yg mahal untuk segala pihak terkait pelayaran.

Baca juga: Basarnas: Korban Hilang Diduga Terjebak di Dalam Badan KM Sinar Bangun

“Nah oleh karenanya, dengan kejadian ini menjadi pelajaran yg mahal, sehingga pihak-pihak tertentu harus taat, karena ini adalah berkaitan dengan keselamatan,” kata dia.

Ia meminta pejabat pemerintah daerah dan dinas perhubungan terkait bagi memperhatikan kelaikan dan aspek keselamatan kapal, seperti manifes hingga izin berlayar.

“Proses pendaftaran, pembuatan manifes, keharusan tak melampaui batas itu menjadi suatu bagian yg harus dan jug surat izin berlayar harus ada setiap pelayaran berlangsung,” kata dia.

Selain mengeluarkan edaran, Kemenhub juga mulai memperkuat pendidikan keselamatan buat nahkoda. Sebab, nahkoda yaitu orang yg paling bertanggungjawab atas keselamatan di kapal.

“Kita mulai tingkatkan pendidikan kepada nahkoda, karena nahkoda adalah pimpinan perjalanan. Yang bersangkutan harus tahu persis apa yg harus dilaksanakan,” katanya.

TV Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berharap tim penyelamat bisa menemukan badan Kapal Motor Sinar Bangun.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin