Pemerintah Imbau Masyarakat Bijak Gunakan Medsos

Jakarta – Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (IKP) Rosarita Niken Widiastuti, dalam informasi pers, mengimbau masyarakat Padarincang, Kabupaten Serang, buat memakai media sosial secara bijak dan benar.

Dalam dialog interaktif melalui pertunjukan rakyat Wayang Golek di Serang, Sabtu malam lalu, Niken mengajak masyarakat memilih dan memilah keterangan serta melakukan verifikasi terhadap keterangan di medsos, mengingat banyak konten mengandung ujaran kebencian, hoax, fitnah, menghasut, provokasi yg berpotensi memecah belah dan mengadu domba.

Acara ini adalah bagian dari kegiatan literasi dan edukasi bermedsos oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo bagi mencerahkan masyarakat dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

Untuk melawan hoax, Niken mengajak masyarakat memproduksi konten keterangan yg positif.

Dia juga mengimbau masyarakat berpedoman kepada Fatwa Medsosiah Majelis Ulama Indonesia. Masayarakat yg berinteraksi melalui medsos harus memperkokoh kerukunan baik internal umat beragama, antara umat beragama maupun antara umat beragama dengan pemeritah, kata Niken.

Menghadapi hoax, Niken meminta masyarakat tak menyebarkan keterangan bersifat memprovokasi dan mengadu domba. “Informasi yg tak benar berpotensi merusak semangat kebhinekaan kita,” kata Niken.

Sementara Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat RI Yayat Y Biaro mengajak masyarakat bijak memakai media sosial dan mengedepankan semangat bergotong royong serta memelihara suasana yg rukun dalam kebidupan bermasyarakat.

Kemkominfo sudah melakukan literasi media sosial bekerja sama dengan Komisi I DPRRI, MUI, KWI, PGI, Walubi, PHDI dan perguruan tinggi di berbagai kota di Indonesia.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin