Pemprov DKI Segera Canangkan Program Trotoarku

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai mencanangkan program Trotoarku pada 8 Oktober 2017 terkait revitalisasi trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

“Rencananya, program Trotoarku mulai kita canangkan pada Minggu, 8 Oktober 2017, bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah di Jakarta, Selasa.

Dalam pekerjaan revitalisasi trotoar tersebut, menurut dia, diperkirakan mulai ada sebanyak kurang lebih 3.000 pohon di sepanjang kawasan Sudirman hingga Thamrin yg terdampak.

“Kami mohon maaf yg sebesar-besarnya, karena nantinya mulai ada pohon-pohon yg terdampak dari pekerjaan pelebaran trotoar di sepanjang kawasan tersebut,” ujar Saefullah.

Meskipun demikian, dia menuturkan, pohon-pohon yg terdampak itu nantinya diupayakan agar tak dibuang begitu saja, tapi dipelihara atau dirawat kembali di lokasi-lokasi yang lain di wilayah ibu kota.

“Pekerjaan revitalisasi trotoar ini memang mulai dilaksanakan secara besar-besaran. Tapi, pohon-pohon yg terkena dampak itu mulai kalian mencoba pelihara di lokasi lain, di lahan punya Pemprov DKI, misalnya di Taman BMW atau kebun bibit,” tutur Saefullah.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan melalui program Trotoarku, maka kedepannya tak mulai ada lagi pagar pembatas antara gedung dengan gedung maupun jalan. Sehingga, program tersebut harus disosialisasikan juga kepada para pemilik atau pengelola gedung.

“Kalau memang tetap mau ada pembatas, berarti tujuannya harus bagi penghijauan, sehingga para pejalan kaki tetap merasa nyaman. Pekerjaan revitalisasi trotoar itu ditargetkan telah rampung pada Juli 2018,” ungkap Saefullah.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin