Presiden: Relokasi Pengungsi Sinabung Kedua Selesai 2017

Siosar, Sumatera Utara – Presiden RI Joko Widodo menyatakan bahwa relokasi pengungsi tahap kedua sebanyak 1.873 kepala keluarga korban erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, selesai akhir tahun 2017.

“Pembangunan rumah hunian tetap pengungsi erupsi Gunung Sinabung itu, dipercepat pangerjaannya dan diharpkan dapat rampung tahun ini,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi), usai meninjau pengungsi erupsi Sinabung menempati rumah hunian tetap, di Desa Siosar, Kabupaten Karo, Sabtu.

Menurut Jokowi, perumahan buat warga erupsi Sinabung itu tersebar di 14 hamparan, dan berada di wilayah Kabupaten Karo.

“Sedangkan, pembangunan tahap pertama rumah korban erupsi Gunung Sinabung bagi 370 kepala keluarga (KK) sudah selesai dikerjakan, dan ditempati warga dengan baik,” ujar Presiden.

Ia menyebutkan, puluhan perumahan di Siosar itu dihuni warga yg berasal dari tiga desa, yakni Desa Bekerah, Simacem dan Sukameriah.

Relokasi pengungsi tahap ketiga bagi 1.080 KK secepatnya bisa diselesaikan pada tahun 2018. Mengenai penetapan lahan hunian pengungsi Sinabung seluas 470 hektare sudah ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan (KLHK).

Perhatian pemeritah terhadap keadaan pengungi Erupsi Sinabung cukup tinggi, dan tetap memperjuangkan pembangunan perumahan di hunian tetap memberikan lahan pertanian buat mereka.

“Pemerintah juga memberikan bantuan sembako kepada pengungsi Sinabung,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung berkunjung ke Desa Siosar, ingin melihat warga korban erupsi Gunung Sinabung yg direlokasi.

Presiden Jokowi juga menikmati keindahan alam dan pemandangan Desa Siosar, yg berada di kawasan perbukitan “Puncak 2.000”, serta menyaksikan dari jauh Gunung Sinabung.

(T.M034/M016)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin