Pulangkan Produsen Konten Saracen, Polri Koordinasi Dengan Polisi Taiwan

JAKARTA, – Salah satu anggota eks kelompok Saracen tengah berada di Taiwan. Kepala Satuan Tugas Nusantara Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, Polri mulai melakukan koordinasi police to police dengan kepolisian Taiwan buat membawa warga negara Indonesia itu ke Tanah Air.

“Kami mulai berusaha kerja sama denga kepolisian di sana, kalau dapat dibawa ke sini,” ujar Gatot di kompleks PTIK, Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Gatot mengatakan, Indonesia tak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan. Dengan demikian, koordinasi dikerjakan segera pada instansi yg dituju. Ia berharap polisi Taiwan mampu mengupayakan langsung bagi memulangkan anggota eks Saracen itu.

Menurut Gatot, peran anggota tersebut cukup utama sebagai produsen dan distributor konten ujaran kebencian dan hoaks.

“Kalau dilihat pakai alat kami, dia memang terhubung ke mana-mana. Ke Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah,” kata Gatot.

(Baca juga: Berkaca Kasus Saracen, PPATK Bisa Telusuri Aliran Dana MCA dalam Sebulan)

Hingga kini, penyidik belum melihat ada indikasi aliran uang ke kelompok Saracen maupun Muslim Cyber Army. Jika nantinya ditemukan keterangan demikian, Polri mulai bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analis Transaksi Keuangan (PPATK).

Gatot mengatakan, ketika ini pihaknya tidak dapat menduga-duga apakah anggota eks Saracen di Taiwan memegang kunci keterangan soal pihak pemesan dan aliran uang ke mereka.

“Kalau belum dibawa orangnya ke sini, belum diambil keterangan, kalian kan tak boleh menduga-duga. Karena polisi bekerja berdasar fakta hukum,” kata Gatot.

TV Direktorat Siber Bareskrim Mabes Polri kembali menangkap tersangka pelaku penyebar konten hoaks dan pornografi di media sosial.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin