Tak Ada Radar, Paspampres Daratkan Pesawat Bung Karno Dengan Lagu Indonesia

JAKARTA, – Mantan Kepala Staf Resimen Cakrabirawa (Pasukan pengamanan presiden masa Presiden Soekarno) Maulwi Saelan milik cerita unik kala bertugas mengamankan lawatan Presiden Soekarno ke Korea Utara pada November 1964.

Saat itu perang Korea barus usai dan Korea Utara berupaya menutup diri dari dunia internasional.

Maulwi waktu itu diutus buat mengecek keadaan bandara di sana agar dapat menyesuaikan dengan standar pendaratan penerbangan internasional demi keselamatan Presiden Soekarno.

Baca juga : 72 Tahun Lalu, Perintah Rahasia Bung Karno dan Cikal Bakal Paspampres

Kala itu, teknologi radar belum secanggih sekarang yg mampu melacak posisi pendaratan yg tepat. Maulwi pun memutar otak agar pesawat yg ditumpangi Bung Karno dengan gampang mampu posisi landasan pacu di bandara.

Tak kurang akal, Maulwi pun meminta rekannya, Ali Ebram, memutar lagu-lagu Indonesia supaya gelombang radio mampu ditangkap pesawat sehingga pilot mengenalinya dan mampu mendaratkan pesawat di lokasi yg tepat.

Baca juga : Tjakrabirawa, Paspampres Generasi Pertama dari Kisah Wayang Kulit

Dengan cara itulah pesawat yg ditumpangi Bung Karno dapat mendarat dengan selamat di Korea Utara.

“Waktu itu aku minta Ali Ebram pakai radio pemancar buat memutar lagu-lagu Indonesia supaya gelombang radio ditangkap oleh pilot dan pilot mampu mengenali kode itu,” kata Maulwi mengisahkan dalam buku berjudul Maulwi Saelan Penjaga Terakhir Sukarno.

****

Pada 3 Januari 2018, Paspampres tepat berusia 72 tahun. Di usia yg tidak lagi muda, segudang cerita menarik menyertai kerja Paspampres selama ini. Maka dari itu, selama dua hari, akan Rabu (3/1/2017) hingga Kamis (4/1/2017), mulai menurunkan cerita-cerita menarik dan inspiratif seputar kerja Paspampres dari masa ke masa.

TV Paspampres sudah mengamankan pria yg coba menerobos Kompleks Istana

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin