“Banjir” Pemain Asal Saudi Timbulkan Kecemburuan

MADRID, — Persatuan pemain sepak bola Spanyol (AFE) mengecam adanya kesepakatan antara Liga Spanyol yg mengizinkan pemain-pemain yang berasal Arab Saudi bermain di liga negara tersebut dalam status pinjaman.

“Model bisnis baru ini lebih bernuansa ekonomi ketimbang olahraga dan mengorbankan esensi dari olahraga ini sehingga berpengaruh pada promosi dan perkembangan para pemain sepak bola kita,” demikian pernyataan tertulis AFE.

Pada Minggu (21/01/2018), enam klub anggota Liga Spanyol mengumumkan sudah menerima beberapa pemain yang berasal Arab Saudi dalam status pinjaman menyusul adanya kesepakatan antara Liga Spanyol dan federasi sepak bola Arab Saudi.

Pihak Saudi menginginkan para pemainnya diberi kesempatan bermain pada kompetisi tingkat dunia sebagai persiapan bagi menghadapi Piala Dunia 2018 di Rusia, Juni mendatang. Ini yaitu kali pertama Saudi tampil kembali setelah 12 tahun absen.

“Kesepekatan ini berpengaruh kepada perkembangan para pemain muda serta para lulusan akademi (sepak bola), yg tidak semuanya memiliki kesempatan seperti ini,” lanjut AFE.

Secara keseluruhan, ada sembilan pemain yang berasal Saudi yg mulai bermain di klub Liga penting dan kedua di Spanyol.

Pada Piala Dunia 2018 mendatang, Saudi mulai bergabung di grup bersama Rusia, Uruguay, dan Mesir.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://olahraga.kompas.com

Post Author: admin