Chandra Rafsanzani Juarai XC Marathon Tanjung Lesung

Pandeglang – Chandra Rafsanzani menjuarai kejuaraan sepeda gunung marathon (XCM) Tanjung Lesung, Pandeglang, Sabtu, setelah menjadi yg tercepat pada balapan yg baru pertama kali digelar di salah satu obyek wisata di Banten ini.

Pebalap nasional yang berasal Pangandaran, Jawa Barat, kelihatan cukup gampang menyelesaikan balapan yg lintasannya didominasi oleh pasir laut dan pecahan batu karang meskipun sesekali ada tanjakan yg cukup tajam. Cuaca panas juga tak menghalangi Chandra buat berprestasi.

“Memang tantangannya cukup banyak terutama jalan yg berkelok-kelok dengan lintasan yg penuh dengan batu-batu kecil. Tanjakannya juga cukup lumayan,” kata Chandra yg pada balapan ini mewakili ISSI Pangandaran, Jawa Barat, itu.

Meski demikian, peraih medali emas pada SEA Games 2011 dan 2013 ini kelihatan menikmati balapan yg baru pertama kali digelar di kawasan wisata Tanjung Lesung ini. Kemenangan yg diraih yaitu pengobat rindu setelah sebelumnya belum dapat meraih hasil maksimal.

Pada PON 2016, Chandra dan kawan-kawan bisa membawa tim Jawa Barat meraih medali emas. Hanya saja bagi nomor individu harus mengakui keunggulan pebalap yang berasal Jawa Timur, Zaenal Fanani.

Dengan kemenangan di nomor elite man ini pihaknya berharap pintu pelatnas kembali terbuka buat dirinya mengingat sebentar lagi Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan XC yaitu salah satu nomor yg dilombakan.

“Saat ini memang belum ada panggilan pelatnas. Yang jelas aku siap diri bagi menghadapi kejuaraan yg telah terprogram,” kata pebalap dengan nomor start 6005 itu.

Chandra pada balapan dalam rangkaian Festival Tanjung Lesung yg dibuka segera oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Banten Wahidin Halim ini bisa membukukan catatan waktu dua jam sembilan menit dan 43 detik.

Catatan waktu pebalap yg dikenal dengan sebutan Trio Macan bersama dengan Bandi Sugito dan Dadi Nurcahyadi itu unggul tipis dengan pebalap nasional lainnya merupakan Rafika Farizi dengan waktu dua jam sembila menit 44 detik dan peringkat tiga Muhammad Wildan dengan waktu dua jam sembilan menit 50 detik.

XCM Tanjung Lesung sebelumnya mulai berlangsung 64 km yg terbagi atas empat putaran. Namun, karena beberapa pertimbangan termasuk cuaca, akhirnya pihak panitia menetapkan jarak tempuhnya diperpendek menjadi tiga putaran saja atau 48 km.

Sementara itu Chairman of Organizing Comitte (OC) Rhino Cros Triathlon, Rully Lasahido, menyampaikan Festival Tanjung Lesung selain menyelenggaran XCM juga menggelar Sunset Trail Run, Festival Bebegig (orang-orangan sawah) hingga Kolencer (kincir angin).

(T.B016/I007)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Post Author: admin