Alasan Matic Tak Pakai Simbol Poppy Di Jersey-nya

Manchester – Gelandang Manchester United, Nemanja Matic, menolak mengenakan emblem bunga poppy merah di kostumnya akhir minggu kemarin. Tak ingin memicu polemik, Matic menjelaskan alasannya.

Inggris dan sejumlah negara di belahan bumi barat kerap merayakan Rememberance Day akan dari akhir Oktober sampai pertengahan November di setiap tahun.

Dalam peringatan tersebut jersey para pemain di Liga Premier Inggris mengenakan sebuah emblem Rememberance Poppy yg milik nama yang lain Bunga Merah dalam Bahasa Indonesia.

Rememberance Day yaitu bentuk penghormatan jasa para pahlwan yg gugur di Perang Dunia I. Awalnya, peringatan ini dikerjakan oleh Amerika Serikat kemudian menyebar ke Inggris dam negara-negara sekutu.

Namun, tidak seluruh pemain setuju dengan peringatan tersebut. Ada yg menganggap perang saudara cuma menyisakan traumatis berkepanjangan. Hal inilah yg dirasakan oleh Matic.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bagi gelandang 30 tahun simbol Bunga Poppy cuma mulai menghidupkan lagi kenangan buruk ketika ia masih berusia 12 tahun. Saat itu, ia menjadi saksi mata perang saudara yg berkecamuk di Yugoslavia. Kampung halaman Matic, Vrelo, menjadi sasaran gempuran tentara NATO yg menewaskan banyak orang dalam periode 24 Maret-10 Juni 1999.

“Saya sangat mengerti alasan orang-orang mengenakan poppies, aku menghormati alasan mereka memakai itu dan sangat bersimpati kepada siapapun yg kehilangan orang tercinta karena konflik,” kata Matic lewat akun Instagram-nya.

“Meskipun demikian, bagi aku hal itu cuma mulai mengingatkan pada serangan yg aku rasakan ketika masih bocah 12 tahun yang berasal Vrelo yg ketakutan karena negaranya hancur karena bom Serbia pada 1999.”

“Dengan apa yg aku saksikan sebelumnya, aku rasa tak tepat bila aku mengenakan popppy di jersey saya,” ia memungkasi.

Sumber: BBC
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin