Gara-gara Pita Kuning, Guardiola Didakwa FA

Manchester – FA mendakwa Pep Guardiola terkait pita kuning yg dikenakannya sejak November lalu. Pita kuning tersebut yaitu bentuk dukungan Guardiola pada dua politikus Katalunya yg ditahan.

Dalam sepak bola memang tak diperbolehkan menyisipkan pesan berbau politik. Pita kuning tersebut yaitu bentuk dukungan Guardiola pada dua politikus Katalunya yg ditahan, Jordi Sanchez dan Jordi Cuixart, terkait referendum Oktober lalu.

Menurut pernyataan FA, pita kuning yg dikenakan Guardiola di dalam jaketnya melanggar aturan. Untuk itu, FA mendakwa pelatih Manchester City tersebut dan memberikan waktu hingga 5 Maret buat merespons.

Guardiola memang dikenal sebagai pendukung setia Katalunya. Saat terjadi referendum yg dinilai ilegal oleh pemerintah Spanyol, pria berusia 47 tahun mendukung Katalunya pisah dari Spanyol.

Pada Desember lalu, Guardiola telah menjelaskan alasannya menggunakan pita kuning tersebut. Bahkan, mantan pemain Barcelona itu mengaku telah bersiap seandainya memang nantinya mulai disanksi.

“Saya melakukan itu karena ada dua orang yg memmpertahankan sesuatu seperti pemungutan suara, sesuatu yg tidak disetujui penguasa, berada di dalam penjara. Ini tak adil. Selama mereka belum keluar dari penjara, aku mulai tetap menggunakan pita ini,” ujar Guardiola, dikutip dari Sky Sports.

“Oke, mereka boleh memberikan aku sanksi karena menggunakan pita kuning ini, tetapi ada orang yang lain yg masuk penjara. Jika mereka memberikan aku sanksi, seperti UEFA, Liga Primer, atau FIFA, aku siap,” katanya.
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin