Klopp Akui Permainan Liverpool Sempat Bermasalah

Merseyside – Liverpool melakukan perubahan skema permainan ketika jumpa Southampton. Meskipun dapat meraih kemenangan, Jurgen Klopp mengakui perubahan yg dilakukannya tidak berjalan sesuai harapan.

Menjamu Southampton di Anfield Stadium, Sabtu (22/9/2018) malam WIB, Klopp memainkan pola 4-2-3-1 yg yaitu turunan dari pakem dasar 4-3-3 yg jadi ciri khasnya. Roberto Firmino diplot sebagai target man yg disokong Mohamed Salah sebagai winger kanan, Xherdan Shaqiri dan Sadio Mane di sisi kiri.

Liverpool mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola 65 persen berbanding 35 persen.

The Reds memang tak terlalu banyak melepaskan percobaan tapi mereka cukup efisien dalam memanfaatkan kesempatan. Dari tujuh shots, tiga diantaranya berujung gol di babak pertama.

Tuan rumah membuka keunggulan di menit kesepuluh setelah Wesley Hoedt melakukan gol bunuh diri. Kemudian gol kedua dicetak Joel Matip meneruskan sepak pojok.

Si Merah menutup babak pertama dengan skor 3-0 setelah Mohamed Salah mencetak gol di menit ke-45.

Di babak kedua, Klopp menarik keluar Shaqiri dan menggantinya dengan James Milner. Masuknya Milner turut mengubah formasi permainan ke 4-3-3. Namun tak ada gol tambahan sampai laga usai.

“Hasil akhirnya sangat keran dan kita seharusnya mampu tampil lebih baik lagi. Perubahan sistem menyulitkan kami. Xherdan Shaqiri berpengaruih dan juga Joel Matip, tapi organisasi permainan kita jadi masalah,” ujar Klopp dikutip dari BBC.

“Anda lihat sendiri komunikasi di lapangan seperti apa, tapi kemudian kita mengubah formasi yg biasa kalian pakai,” ia melanjutkan.

Bagi Liverpool ini menjadi kemenangan keenam beruntun di pekan-pekan awal Liga Premier Inggris atau kemenangan keempat tanpa kemasukan gol. Mengemas nilai 18, Si Merah kini memuncaki klasemen sementara unggul dua poin dari Manchester City di peringkat dua.

“Sebuah kemenangan clean sheet sangat utama dan tetap konsentrasi dalam periode sulit ini,” ia memungkasi.

Selanjutnya, Liverpool mulai berhadapan dengan tim kuat Chelsea di ajang Piala Liga (26/9) dan Liga Inggris (29/9).
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin