Pakai Pita Kuning, Guardiola Didenda Rp380 Juta

Manchester – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola diberikan sanksi berupa denda 20 ribu Poundsterling (380 juta Rupiah) oleh FA karena menggunakan pita kuning berbau pesan politis. Guardiola diperbolehkan memakai pita kuning dengan beberapa syarat.

Guardiola mengenakan pita kuning di bajunya sejak Oktober dulu di setiap jumpa pers dan di pinggir lapangan. Pita kuning sebagai aksi dukungan Guardiola kepada empat politikus Katalunya yg ditahan terkait referendum. Pemerintah Spanyol menilai referendum Katalunya ilegal.

Meski mengaku pita kuning tersebut bukan sebagai simbol politik, Guardiola menerima sanksi dari FA dan takkan lagi memakai pita kuning di pinggir lapangan. Tapi, Guardiola diperbolehkan menggunakan pita kuning ketika jumpa pers karena peraturan FA secara spesifik melarang cuma di pinggir lapangan sepanjang pertandingan.

Guardiola juga boleh memakai pita kuning tersebut di pertandingan Liga Champions seperti yg dilakukannya saat City menghadapi Basel di leg kedua 16 besar, karena tidak melanggar aturan UEFA.

“Saya menerima keputusan FA karena aku harus menerimanya, tetapi bukan berarti aku sepakat atau tak atau mereka benar atau tidak. Saya di sini, aku bekerja di sini, dan ada aturan, aku menerimanya,” ujar Guardiola, dikutip dari Sky Sports.

“Saya katakan sejak awal seandainya FA mempertimbangkan aku tidak boleh memakai pita kuning, aku mulai menerimanya. Tapi aku mulai tetap menggunakannya di ketika jumpa pers, usai pertandingan, tak masalah. Situasinya tidak berubah. Masih ada orang-orang yg dipenjara secara tak adil,” katanya.
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin